Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 13:03 WIB | Kamis, 03 April 2014

BMKG: Indonesia Aman dari Dampak Gempa Chile

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Indonesia aman dari dampak tsunami yang disebabkan gempa bumi di Chile pada Rabu (2/4) pagi.

BMKG menyampaikan peringatan dini tsunami yang diakibatkan oleh gempabumi besar berkekuatan 8.0 skala richter (SR) terjadi di lepas pantai Chile tanggal 2 April 2014 pukul 06:46:48 WIB 19.61 LS - 70.83 BB dengan kedalaman 10 km berpotensi terjadinya tsunami di wilayah Indonesia dinyatakan telah berakhir.

Pada Kamis 3 April 2014 pukul 08:30 WIB BMKG menyatakan berakhirnya peringatan dini tsunami tersebut berdasarkan analisa data monitoring alat observasi tinggi muka laut dan menyatakan bahwa peringatan dini Tsunami dinyatakan telah berakhir untuk seluruh wilayah Indonesia.

"Subuh tadi informasi yang kami dapat tinggi gelombang di Pulau Solomon dan Vanuatu yang lebih dekat dengan Chile mencapai 0,50 meter, jadi Indonesia cukup aman," kata Andi Eka Sakya Kepala BMKG di Jakarta, Kamis (3/4).

Hal itu dikatakan Andi usai menerima kunjungan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda Melisa Schultz Van Haegen terkait kerjasama Belanda dengan Indonesia.

Andi mengatakan, gempa bumi dengan kekuatan 8,2 skala richter yang terjadi di Chili telah menimbulkan tsunami setinggi 1,92 meter di wilayah pesisir Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua.

"Kita langsung melakukan simulasi seberapa jauh gelombang itu berdampak ke Indonesia, prediksi kita kurang dari 0,5 meter," kata Andi.

Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami. Ada 115 lokasi di kabupaten/kota dari 19 provinsi di Indonesia akan berpotensi terjadi tsunami.

Tinggi potensi tsunami 0-0,5 meter dan diperkirakan waktu kedatangan tsunami pada Kamis (3/4) pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB.

"Gempa itu kita lihat tidak berpengaruh ke Indonesia karena jaraknya jauh dan gelombangnya juga kecil," jelas dia.

BMKG juga menyatakan peringatan dini tsunami tersebut berakhir untuk seluruh wilayah Indonesia pada pukul 08.30 WIB. (Ant/bmkg.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home