Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:39 WIB | Sabtu, 25 Januari 2014

BNPB: Puluhan Rumah Rusak Akibat Gempa Kebumen

Titik pusat gempa berada di 104 KM barat daya Kebumen, Tawa Tengah. (bmkg.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan dampak bencana gempa bumi  6,5 SR di barat daya Kebumen mengakibatkan kerusakan bangunan di enam kota sekitar pusat gempa.

Menurut Kepala Bidang Informasi Dini Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Wardono, gempa berkekuatan 6,5 SR dengan pusat gempa berada di kedalaman 48 km di laut selatan Jawa Tengah, maka getaran terasa sampai Bandung, Jakarta dan Semarang.

Dari data yang dikumpulkan BNPB kerusakan terbanyak ada di Banyumas dengan 17 rumah roboh di dua Kecamatan akibat gempa. Sedangkan di Purworejo berdampak kerusakan di dua rumah di dua Kecamatan.

Di Kebumen yang paling dekat dengan pusat gempa dilaporkan beberapa rumah di desa Wonoharjo Kecamatan Rowokele mengalami retak-retak dan masjid Jami’ At-Taqwa mengalami rusak berat.

Dikutip dari situs Kementerian Agama, “Masjid At-Taqwa memang ambruk karena gempa yang terjadi di Kebumen,” kata Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyumas, Bambang Sucipto, Sabtu (25/1).

Sebanyak tiga rumah rusak berat dan 13 rusak ringan di Cilacap, sedangkan Magelang, terdapat dua rumah rusak di Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur.

Di Bantul Yogyakarta kerusakan rumah ada lima unit di Desa Tirtohargo dan tiga unit di Desa Srigading Kecamatan Bantul.

Belum ada laporan korban jiwa.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home