Loading...
OLAHRAGA
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 11:50 WIB | Kamis, 31 Agustus 2023

Catur : Permainan Asah Otak yang Menyenangkan

Zire Kevin Benaya Pakpahan, siswa kelas 5 SDK 1 PENABUR (Foto : BPKPENABURJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Catur seringkali diidentikkan sebagai kegiatan bapak-bapak, tetapi nyatanya permainan ini mampu menarik minat anak-anak. Terbukti di SDK 1 PENABUR, ekstrakurikuler catur diikuti lebih dari 40 siswa. 

Ekstrakurikuler yang digelar setiap hari Jumat sepulang sekolah ini, diikuti penuh semangat oleh siswa. Salah satunya Zire Kevin Benaya Pakpahan, siswa kelas 5 SDK 1 PENABUR. Zire bersama teman-temannya selalu tidak sabar menantikan jadwal ekstrakurikuler catur karena mereka bisa belajar strategi-strategi baru yang bisa membantu memenangkan permainan.

Zire tertarik dengan catur semenjak kelas 1 SD, saat melihat ayah dan kakeknya bermain. Dengan bermain catur, Zire merasa bisa menjadi lebih fokus dan teliti. Ia juga bersyukur karena sekolah mendukung pengembangan hobinya itu.

Widi Astuti, Kepala SDK 1 PENABUR berpendapat bahwa catur tidak sekedar permainan yang menyenangkan. Catur melatih penalaran pemainnya, sehingga mendukung daya tangkap mereka saat belajar di kelas.

Menangkap manfaat catur yang luar biasa ini, BPK PENABUR akan menggelar Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 BPK PENABUR pada 2-16 September 2023. Meski mengaku deg-degan, Zire yang telah mendaftarkan diri mengikuti kompetisi tersebut sangat termotivasi untuk bisa menang. Selain semakin aktif mengikuti ekstrakurikuler catur, Zire meningkatkan frekuensi bermain catur melawan ayah dan kakeknya agar lebih siap bertanding baik secara fisik maupun mental.

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023 BPK PENABUR terbuka untuk umum dan gratis. Menawarkan 8 kategori yaitu, SD kelas 1-3 Putra dan Putri, SD kelas 4-6 Putra dan Putri, SMP Putra dan Putri, serta SMA Putra dan Putri. 

Opening ceremony akan digelar pada 2 September 2023 pukul 10.00 - 13.00 WIB di Aula SPK PENABUR Kelapa Gading. Acara yang didukung oleh Persatuan Catur Indonesia (PERCASI) serta Sekolah Catur Utut Adianto ini, akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, serta menghadirkan talkshow dengan narasumber Merry Riana seorang entrepreneur.

Daftarkan dirimu sebelum 1 September 2023 melalui https;//bit.ly/FCPTN_2023 .

Jadilah pemenangnya dan raih hadiah jutaan rupiah!

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home