Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 13:28 WIB | Senin, 22 April 2024

BSCF 2024 : BPK PENABUR Jakarta Siapkan Tim Paduan Suara Terbaik Untuk Berkompetisi di Ajang PICF 2024

BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024 (Foto : BPKPJakarta)

Gading Serpong, Satuharapan.com, Ragam suara yang melantunkan lagu dengan harmoni selaras menghasilkan paduan suara nan indah untuk didengar. Kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif (4C) menjadi kunci utama bagi tim paduan suara supaya tampil apik di atas panggung pentas.

BPK PENABUR Jakarta, lembaga pendidikan Kristen di Indonesia kembali menggelar ajang BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024 bagi peserta didiknya, untuk mengukur kemampuan peserta agar siap berlaga dalam ajang paduan suara internasional PENABUR International Choir Festival (PICF) pada September mendatang.

“Keterampilan 4C diasah dalam BSCF 2024. Tidak hanya menyanyi, para peserta dilatih untuk fokus dan cerdas dalam mengikuti arahan koreografi pelatih, membangun komunikasi, dan kerja sama yang baik untuk menciptakan paduan suara dengan gerakan yang indah.” ujar Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta.

BSCF 2024 digelar pada 18-20 April 2024 di Aula SMAK PENABUR Gading Serpong yang berlokasi di Jalan Kelapa Gading Barat, Pakulonan Barat, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Mengusung tema “Berpadu Suara, Bersatu Hati Membangun Karakter Anak Negeri”. Ratusan peserta yang terdiri dari 76 tim paduan suara berbondong-bondong berkompetisi pada kategori TK, SD, SMP, dan SLTA.

Agustinus Bambang Jusana, pelatih paduan suara ternama di Indonesia, didapuk sebagai artistic director di ajang BSCF 2024. Beliau telah memiliki berbagai pengalaman sebagai artistic director dan juri dalam kompetisi nasional maupun internasional.

“Pada kompetisi kali ini lagu-lagu yang dipilih tingkat kesulitannya disesuaikan dengan jenjang usia, sehingga para peserta dapat memaksimalkan penampilan mereka. Harapannya tentu untuk menemukan yang paling siap dalam melaju di PICF 2024. Siap dengan latihan yang proporsional, disiplin meningkatkan kemampuan dan repertoire, jam terbang, serta sudah tahu harus mengeskalasi persiapannya sehingga “tahan banting” dalam bersaing dengan paduan suara kelas dunia.” tutur Agustinus.

Untuk mencapai standar tersebut, tentunya para peserta BSCF 2024 harus berlatih dan mempersiapkan diri dengan matang.

“Saya dan teman-teman dilatih oleh pelatih di sekolah selama kurang lebih 2 bulan lamanya. Untuk dapat menghasilkan suara yang padu, tentu dari masing-masing kita harus memiliki niat dan motivasi tinggi dalam melatih diri membaca notasi, nada, intonasi, dan menghafal syair lagu. Kemudian, dilanjutkan latihan individu yang bisa dilakukan di sekolah maupun di rumah.” ungkap Gracia Anggy Aullia, peserta didik SMPK 1 PENABUR, tergabung dalam “P1 Choir” yang terdiri dari 24 anggota dan turut berkompetisi dalam BSCF 2024.

Dalam mempersiapkan diri berkompetisi tentu tidak selalu mulus, ada saja tantangan yang ditemukan, “Biasanya saat berlatih ada nada-nada yang susah, untuk itu perlu menolong teman yang kesulitan. Pelatih juga turut membantu dan tegas dalam melatih.” cerita Jenny Yuriko Giselle Nainggolan, peserta didik SDK 1 PENABUR, salah satu peserta BSCF 2024 yang tergabung dalam “D’One Choir” dan terdiri dari 42 anggota.

Meskipun ada tantangan di depan mata, Gracia dan Jenny tidak pantang menyerah dalam berlatih bersama teman satu tim. Hal ini dibuktikan lewat penampilan mereka di ajang BSCF 2024.

Tidak hanya menghadirkan artistic director profesional, para juri BSCF 2024 juga ahli di bidang paduan suara. Mereka adalah Aning Katamsi, Jessica Fedora Amadea, Joseph Kristianto Pantioso, Sonja Nadja Simanjuntak, dan Roni Sugiarto.

Awarding & Closing Ceremony BSCF berlangsung Sabtu, 20 April 2024, Pukul 15.00-17.00 WIB. Sebanyak 32 tim paduan suara terpilih untuk melaju ke ajang PICF mendatang.

“Saya sangat senang berhasil lolos dan siap berlatih lebih giat lagi bersama teman-teman menuju PICF 2024.” ucap Luke Clement Manuel, peserta didik SMAK 5 PENABUR dengan tim paduan suara “Luminis Voices”.

Agustinus berpesan kepada pemenang BSCF 2024 untuk memaknai dan menikmati setiap proses latihan, “Berlatih keras boleh untuk mencapai target yang diharapkan. Namun, jangan lupa jaga kesehatan karena performa yang baik butuh dukungan dari penyanyinya. Selamat berkompetisi di ajang PICF 2024 mendatang!” tuturnya.

PENABUR International Choir Festival (PICF) 2024 keempat yang mengusung tema “Enhance your well-being through choral singing” akan kembali digelar BPK PENABUR Jakarta pada 7-14 September. Diselenggarakan di SPK PENABUR Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara. Informasi dan registrasi dapat melalui tautan berikut ini https://www.picf.or.id/ atau menghubungi WhatsApp di 0896-4810-4578 (Dian) / 0856-4107-2590 (Otniel).

Penyelenggaran BSCF 2024 dan PICF 2024 oleh BPK PENABUR Jakarta menjadi salah satu sarana untuk menghasilkan profil lulusan BEST (Be Tough, Excel Worldwide, Share with Society, Trust in God) bagi peserta didiknya, “Ini ditunjukkan lewat proses latihan yang memerlukan kerja keras dalam menggapai impian. Ketangguhan, kekompakan, tenggang rasa, dan kepedulian sesama anggota berperan besar dalam menghasilkan irama suara disertai dengan gerakan nan indah. Keberanian tampil di atas panggung kompetisi dan ditonton ratusan pasang mata turut diasah melalui ajang ini.” kata Kenny.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home