Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:02 WIB | Rabu, 20 September 2023

Buntut Pembunuhan Aktivis Sikh, India dan Kanada Saling Usir Diplomat

Foto kepala kuil Sikh, Hardeep Singh Nijjar, terlihat di banner di luar kuil Guru Nanak Sikh Gurdwara Sahib di Surrey, British Columbia, Kanada, Senin (18/9). (Foto: Darryl Dyck/The Canadian Press via AP)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India mengusir seorang diplomat senior Kanada pada hari Selasa (19/9) dan menuduh Kanada mencampuri urusan dalam negerinya, meningkatkan konfrontasi antara kedua negara atas tuduhan bahwa pemerintah India mungkin terlibat dalam pembunuhan seorang aktivis Sikh.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan Kanada tidak ingin meningkatkan ketegangan, namun meminta India untuk menganggap serius pembunuhan Hardeep Singh Nijjar setelah India menyebut tuduhan bahwa pemerintah India mungkin terlibat “tidak masuk akal.”

“India dan pemerintah India perlu menanggapi masalah ini dengan sangat serius,” kata Trudeau kepada wartawan di luar Parlemen, hari Selasa (19/9).

“Kami sedang melakukan itu. Kami tidak ingin memprovokasi atau meningkatkan ketegangan. Kami hanya memaparkan fakta sesuai pemahaman kami dan kami ingin bekerja sama dengan pemerintah India untuk menjelaskan semuanya dan memastikan ada proses yang tepat.”

Trudeau mengatakan pada hari Senin (18/9) bahwa pemerintahnya sedang menyelidiki tuduhan bahwa India terkait dengan pembunuhan Niijar, 45 tahun, yang ditembak mati pada bulan Juni di British Columbia. Pada hari Senin malam, Kanada mengusir seorang diplomat India.

Duel pengusiran ini meningkatkan ketegangan antara Kanada dan India. Trudeau mengalami pertemuan dingin dengan Perdana Menteri Narendra Modi selama pertemuan G-20 di New Delhi, dan beberapa hari kemudian Kanada membatalkan misi perdagangan ke India yang direncanakan pada musim gugur.

Gerakan untuk mendirikan tanah air Sikh yang merdeka, yang dikenal sebagai Khalistan, telah menjadi sasaran pemerintah India sejak tahun 1980-an, ketika muncul pemberontakan Sikh yang berlangsung lebih dari satu dekade. Gerakan ini dapat diredam dengan tindakan keras yang menewaskan ribuan orang, termasuk para pemimpin terkemuka Sikh.

Nijjar, seorang warga negara Kanada, dicari oleh pihak berwenang India, yang telah menuduhnya memiliki hubungan dengan terorisme selama bertahun-tahun dan menawarkan hadiah uang tunai bagi informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Nijjar membantah tuduhan tersebut dan bekerja sama dengan kelompok yang dikenal sebagai Sikhs For Justice untuk menyelenggarakan referendum tidak resmi diaspora Sikh mengenai kemerdekaan dari India pada saat pembunuhannya.

Gurpatwant Singh Pannun, seorang pengacara dan juru bicara Sikhs For Justice, mengatakan Nijjar telah diperingatkan oleh pejabat intelijen Kanada tentang menjadi sasaran pembunuhan oleh “tentara bayaran” sebelum dia ditembak mati.

Putra Niijar, Baraj Singh Nijjar, mengatakan pada hari Selasa (19/9) bahwa keluarganya dan komunitas Sikh merasa lega dengan tindakan Kanada tersebut.

“Sejak hari pertama kami memiliki gagasan dan pengetahuan bahwa jika sesuatu terjadi padanya, pemerintah India akan terlibat,” katanya. “Itu hanya masalah waktu kapan kebenaran akan terungkap. Akhirnya diketahui publik bahwa pemerintah India terlibat dalam hal ini. Ini adalah kasus campur tangan asing yang sangat serius.”

Pada hari Senin, Trudeau mengatakan kepada Parlemen bahwa badan keamanan Kanada sedang menyelidiki “tuduhan yang dapat dipercaya mengenai kemungkinan adanya hubungan antara agen pemerintah India dan pembunuhan seorang warga negara Kanada.”

“Keterlibatan pemerintah asing dalam pembunuhan warga negara Kanada di tanah Kanada merupakan pelanggaran kedaulatan kami yang tidak dapat diterima,” katanya.

Kementerian Luar Negeri India menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya “tidak masuk akal” dan menuduh Kanada menyembunyikan “teroris dan ekstremis.”

“Tuduhan yang tidak berdasar tersebut berupaya mengalihkan fokus dari teroris dan ekstremis Khalistani, yang telah diberi perlindungan di Kanada dan terus mengancam kedaulatan dan  integritas wilayah India,” katanya dalam sebuah pernyataan hari Selasa.

India telah lama menuntut Kanada mengambil tindakan terhadap gerakan kemerdekaan Sikh, yang dilarang di India namun mendapat dukungan di negara-negara seperti Kanada dan Inggris yang memiliki populasi diaspora Sikh yang cukup besar. Kanada mempunyai populasi Sikh lebih dari 770.000, sekitar 2% dari populasinya.

Pada bulan Maret, pemerintahan Modi memanggil komisaris tinggi Kanada di New Delhi, diplomat tertinggi di negara tersebut, untuk menyampaikan keluhan tentang protes kemerdekaan Sikh di Kanada. Pada tahun 2020, Kementerian Luar Negeri India juga memanggil diplomat tertinggi tersebut atas komentar Trudeau tentang gerakan protes pertanian yang terkait dengan negara bagian Punjab, tempat tinggal banyak penganut Sikh.

Tekanan pada Perbedaan Pendapat

Kritikus menuduh pemerintahan nasionalis Hindu pimpinan Modi berusaha menekan perbedaan pendapat dengan menggunakan undang-undang penghasutan dan senjata hukum lainnya. Beberapa pengkritik pemerintahannya, termasuk para intelektual, aktivis, pembuat film, mahasiswa dan jurnalis telah ditangkap, sehingga menciptakan apa yang disebut oleh penentang Modi sebagai budaya intimidasi.

Di bawah pemerintahan Modi, kelompok agama minoritas, khususnya Muslim, menghadapi peningkatan serangan dari kaum nasionalis Hindu, dan serangan terhadap pers dan kebebasan berpendapat juga meningkat, di mana pemerintahan Modi menggunakan penutupan internet untuk meredam protes.

Trudeau mengatakan kepada Parlemen bahwa dia membicarakan pembunuhan Nijjar dengan Modi pada pertemuan G-20 di New Delhi pekan lalu. Dia mengatakan dia mengatakan kepada Modi bahwa keterlibatan pemerintah India tidak dapat diterima dan dia meminta kerja sama dalam penyelidikan.

Pada pertemuan G-20, Modi menyatakan “keprihatinan yang kuat” atas penanganan Kanada terhadap gerakan kemerdekaan Sikh selama pertemuan dengan Trudeau, kata pernyataan India.

Pernyataan tersebut meminta Kanada untuk bekerja sama dengan India dalam mengatasi apa yang menurut New Delhi merupakan ancaman terhadap diaspora India di Kanada, dan menuduh gerakan Sikh “mendorong pemisahan diri dan menghasut kekerasan” terhadap diplomat India.

Awal tahun ini, pengunjuk rasa Sikh menurunkan bendera India di komisi tinggi India di London dan memecahkan jendela gedung setelah India menangkap seorang pengkhotbah Sikh yang populer. Para pengunjuk rasa juga memecahkan jendela di Konsulat India di San Francisco dan bentrok dengan pekerja kedutaan.

Saat berada di New Delhi untuk menghadiri G-20, Trudeau melewatkan jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh presiden India, dan laporan media lokal mengatakan bahwa dia dihina oleh Modi ketika dia mengadakan pertemuan singkat “tarik ke samping” alih-alih pertemuan bilateral.

Lebih buruk lagi, Trudeau terjebak di India selama 36 jam setelah KTT berakhir karena penerbangannya terhenti karena masalah mekanis. “Perjalanan Trudeau ke India yang penuh gejolak tidak kunjung berakhir,” demikian judul berita utama di situs web India Today pekan lalu.

Beberapa analis di India mempertanyakan apakah Kanada memiliki bukti keterkaitan India dengan pembunuhan Nijjar, dan apakah Trudeau berusaha menggalang dukungan di kalangan diaspora Sikh di Kanada.

“Tuduhan terhadap India oleh negara G-7 belum pernah terjadi sebelumnya. Pemerintah Kanada sengaja menjadikannya tontonan untuk menyenangkan konstituen domestiknya di antara diaspora Sikh,” kata KC Singh, mantan diplomat India dan pakar urusan strategis.

Pemerintah Inggris mengatakan pada hari Selasa (19/9) bahwa tidak ada rencana untuk menyelidiki kembali kematian seorang aktivis Sikh yang berbasis di Inggris setelah Kanada mengklaim bahwa India mungkin berada di balik pembunuhan Nijjer.

Avtar Singh Khanda, yang memainkan peran penting dalam protes untuk kemerdekaan tanah air Sikh, meninggal pada bulan Juni di kota Birmingham, Inggris tengah, setelah jatuh sakit. Pendukungnya menduga mungkin dia telah diracun, namun juru bicara Perdana Menteri Rishi Sunak, Max Blain, mengatakan polisi tidak menemukan keadaan yang mencurigakan.

Tuduhan pemerintah Trudeau tidak masuk akal bagi Inggris, yang merupakan sekutu dekat Kanada dalam aliansi berbagi intelijen “Five Eyes”, tetapi juga sedang mengupayakan perjanjian perdagangan bebas dengan India.

“Ini adalah tuduhan yang serius. Benar bahwa pihak berwenang Kanada harus menyelidiki mereka,” kata Blain, seraya menambahkan bahwa tidak pantas untuk berkomentar lebih jauh saat penyelidikan sedang berlangsung.

Pada tahun 1984, pasukan India menyerbu Kuil Emas di Amritsar untuk mengusir separatis Sikh yang berlindung di sana. Operasi kontroversial tersebut menewaskan sekitar 400 orang, menurut angka resmi, meskipun kelompok Sikh mengatakan jumlah tersebut lebih tinggi.

Perdana menteri yang memerintahkan penggerebekan, Indira Gandhi, kemudian dibunuh oleh dua pengawalnya, yang beragama Sikh. Kematiannya memicu serangkaian kerusuhan anti Sikh, di mana massa Hindu pergi dari rumah ke rumah di seluruh India utara, menarik orang Sikh dari rumah mereka, membacok banyak orang hingga tewas, dan membakar hidup-hidup lainnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home