Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:58 WIB | Senin, 24 April 2023

Polisi India Tangkap Pemimpin Separatis Sikh di Punjab

Polisi India Tangkap Pemimpin Separatis Sikh di Punjab
Pemimpin separatis Sikh dan kepala Waris Punjab De, atau Ahli Waris Punjab, Amritpal Singh, berbicara kepada para pendukungnya di desa Jallupur Khera, dekat Amritsar, India, Sabtu, 7 Januari 2023. (Foto-foto: AP/Prabhjot Gill)
Polisi India Tangkap Pemimpin Separatis Sikh di Punjab
Pemimpin separatis Sikh dan kepala Waris Punjab De, atau Ahli Waris Punjab, Amritpal Singh, mengenakan sorban kuning, berdiri di luar sebuah rumah bersama para pendukungnya di desa Jallupur Khera, dekat Amritsar, India, Sabtu, 7 Januari 2023.

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Polisi India pada hari Minggu (23/4) menangkap seorang pemimpin separatis yang telah menghidupkan kembali seruan untuk tanah air Sikh yang merdeka dan pemisahan negara bagian Punjab utara India, yang memiliki sejarah pemberontakan dengan kekerasan.

Amritpal Singh telah dalam pelarian sejak bulan lalu setelah menarik perhatian nasional pada Februari, ketika ratusan pendukungnya menyerbu kantor polisi di Ajnala, sebuah kota di negara bagian Punjab, dengan tongkat kayu, pedang, dan senjata untuk menuntut pembebasan seorang pembantunya yang dipenjara.

Polisi negara bagian Punjab men-tweet pada hari Minggu (23/4) bahwa Singh ditangkap di Moga, sebuah kota di negara bagian itu.

Seorang pemimpin agama Sikh, Jasbir Singh Rodde, mengatakan Singh menyerah setelah melakukan berdoa pagi di sebuah kuil Sikh di Moga.

Petugas polisi, Sukhchain Singh Gill, mengatakan polisi telah mengepung desa berdasarkan intelijen bahwa Singh berada di kuil tersebut. “Tekanan tanpa henti yang dibangun oleh polisi selama 35 hari terakhir membuat Singh tidak punya pilihan,” kata Gill kepada wartawan.

Dia mengatakan polisi tidak memasuki kuil, menyiratkan bahwa Singh ditahan setelah dia keluar. Gill menolak untuk mengkonfirmasi apakah Singh menyerah seperti yang diklaim oleh para pendukungnya. Singh diterbangkan ke Dibrugarh di timur laut India di mana dia akan ditahan sampai dibawa ke pengadilan untuk menghadapi tuntutan.

Punjab mengalami pemberontakan berdarah pada 1980-an yang menyebabkan pembunuhan Perdana Menteri India saat itu, Indira Gandhi, oleh pengawal Sikhnya di kediaman resminya di New Delhi. Pembunuhannya pada tahun 1984 memicu kerusuhan berdarah oleh pendukung Hindunya melawan Sikh di India utara.

Ashwini Dubey, seorang pengacara di negara bagian Punjab, mengatakan penangkapan Singh akan membantu polisi membongkar jaringan separatis dan para pendukungnya.

Tavleen Singh, seorang komentator politik dan mantan jurnalis yang meliput pemberontakan Punjab pada 1980-an, mengatakan: “Polisi membawa pria ini keluar, itu bagus karena jika mereka pergi ke gurdwara (kuil Sikh), dan mulai menembak, Anda pasti akan rmenghadapi eaksi dari masyarakat umum. Orang Sikh kebetulan sangat sensitif terhadap serangan gurdwara.”

Sikh adalah minoritas agama di India dan mengatakan mereka didiskriminasi oleh mayoritas umat Hindu. Lebih dari 3.000 orang dibunuh oleh ekstremis selama pemberontakan tahun 1980-an di negara pertanian yang makmur itu. Pemberontakan dihancurkan oleh pasukan India pada tahun 1990.

Punjab berbatasan dengan Kashmir dan Pakistan yang dikuasai India. India menuduh Pakistan mendukung, melatih, dan mempersenjatai pemberontak, tuduhan yang dibantah oleh Islamabad.

Polisi menyatakan Singh, seorang pengkhotbah berusia 30 tahun, sebagai buronan dan menuduh dia dan para pembantunya menciptakan perselisihan di negara bagian itu. Polisi menuduh mereka menyebarkan ketidakharmonisan di antara orang-orang, percobaan pembunuhan, menyerang personel polisi dan menghalangi pelaksanaan tugas pegawai negeri yang sah.

Pihak berwenang telah mengerahkan ribuan tentara paramiliter di negara bagian itu dan menangkap hampir 100 pendukungnya. Istri Singh dicegah meninggalkan India pekan lalu.

Sangat sedikit yang diketahui tentang Singh sampai dia tiba di negara bagian Punjab pada tahun 2022 dan mulai memimpin pawai menyerukan perlindungan hak bagi orang Sikh, yang berjumlah sekitar 1,7% dari populasi India.

Singh mengklaim mendapat inspirasi dari Jarnail Singh Bhindranwale, seorang pemimpin militan Sikh yang dituduh oleh pemerintah India memimpin pemberontakan bersenjata untuk Khalistan pada 1980-an. Bhindranwale dan para pendukungnya terbunuh pada tahun 1984 ketika tentara India menyerbu Kuil Emas, tempat suci paling suci dalam agama Sikh.

Singh menampilkan dirinya seperti Bhindranwale, dengan janggut panjang yang tergerai. Dia juga berpakaian seperti Bhindranwale.

Singh juga mengepalai Waris Punjab De, atau Pewaris Punjab, sebuah organisasi yang merupakan bagian dari kampanye besar-besaran untuk memobilisasi petani melawan reformasi pertanian kontroversial yang didorong oleh pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Undang-undang tersebut memicu protes selama setahun yang dimulai pada tahun 2020, ketika para petani, kebanyakan dari mereka adalah orang Sikh dari negara bagian Punjab, berkemah di pinggiran New Delhi melalui musim dingin yang keras dan gelombang virus korona yang menghancurkan. Protes berakhir setelah pemerintah Modi mencabut undang-undang tersebut pada November 2021.

Waris Punjab De didirikan oleh Deep Sidhu, seorang aktor India yang meninggal pada tahun 2022 dalam kecelakaan lalu lintas.

Pidato Singh semakin populer di kalangan pendukung gerakan Khalistan, yang dilarang di India. Pejabat melihatnya dan kelompok berafiliasi sebagai ancaman keamanan nasional. Meskipun gerakan tersebut telah berkurang selama bertahun-tahun, masih ada beberapa dukungan di Punjab dan sekitarnya, termasuk di negara-negara seperti Kanada, Amerika Serikat, dan Inggris, yang merupakan rumah bagi diaspora Sikh yang cukup besar.

Bulan lalu, pendukung gerakan menurunkan bendera India di komisi tinggi negara itu di London dan menghancurkan jendela gedung untuk menunjukkan kemarahan terhadap gerakan tersebut atas menangkapan Singh.

Kementerian Luar Negeri India mengecam insiden itu dan memanggil wakil komisaris tinggi Inggris di New Delhi untuk memprotes pelanggaran keamanan di kedutaan di London. Para pendukung gerakan Khalistan juga melakukan perusakan terhadap Konsulat India di San Francisco di Amerika Serikat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home