Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:24 WIB | Minggu, 16 Mei 2021

Buron Mafia, Giuseppe Romeo, Dikirim Kembali ke Italia

Giuseppe Romeo, ketika dibawa ke Italia, hari Jumat (14/5). (Foto: dok. Ist)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Seorang buronan mafia utama Italia yang mengendalikan rute kokain di Eropa telah dikirim kembali oleh pihak berwenang ke Roma dari Spanyol, kata polisi pada hari Sabtu (15/5).

Giuseppe Romeo, 65 tahun, tiba di Bandar Udara Fiumicino dengan pengawalan dari Barcelonapada hari  Jumat (14/5) malam, setelah ditangkap pada 11 Maret atas surat perintah penangkapan Eropa. Dia selama tiga tahun dalam pelarian, kata polisi dalam sebuah pernyataan.

Romeo dituduh sebagai anggota teratas jaringan narkoba internasional yang dijalankan oleh tiga klan 'Ndrangheta yang berbasis di daerah Reggio Calabria di wilayah selatan Italia di Calabria.

'Ndrangheta adalah kelompok mafia paling kuat di Italia, yang terlibat dalam hampir semua bidang aktivitas kriminal di luar perdagangan narkoba dan pemerasan, yang operasinya meluas ke seluruh Eropa dan sekitarnya.

Menurut pernyataan polisi Italia, Romeo, yang tinggal di Jerman, "memiliki peran sebagai promotor, penyelenggara, dan pemodal perdagangan kokain di Eropa".

“Dia bolak-balik antara Calabria, Lombardy, dan Eropa barat laut untuk membuat perjanjian dengan pemasok serta dengan beberapa perantara di Belgia, Belanda, dan Jerman.”

Pada tahun 2018, ia berhasil melarikan diri dari penggerebekan “European Ndrangheta Connection” yang dilakukan oleh otoritas Italia, Jerman, Belanda, dan Belgia. Operasi itu menargetkan sekitar 90 orang yang diduga terlibat dalam jaringan narkoba dan pencucian uang lintas batas.

Pada bulan November, Romeo dijatuhi hukuman in absentia hingga 20 tahun penjara atas dakwaan terkait perdagangan narkoba internasional, asosiasi mafia, kepemilikan narkoba, dan pencucian uang. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home