Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:36 WIB | Sabtu, 26 Desember 2015

Capres Taiwan Janjikan Hubungan Damai dengan Tiongkok

Pemimpin oposisi, Tsai Ing-wen. (Foto: english.dpp.org.tw)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM - Kandidat untuk pemilihan umum presiden Taiwan 2016 mendatang, yakni pemimpin oposisi Tsai Ing-wen, pada hari Jumat (25/12) mengutarakan janjinya bahwa jika terpilih dia akan mengupayakan hubungan damai dengan Tiongkok daratan, juga mempertahankan demokrasi di pulau tersebut.

Pernyataan Tsai itu disampaikan setelah Presiden Taiwan Ma Ying-jeou mengadakan pertemuan bersejarah dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Singapura bulan lalu, tapi masih banyak kekhawatiran di Taiwan soal hubungan yang menghangat dengan Beijing.

Taiwan berpisah dari Tiongkok daratan pada 1949 melalui perang sipil, tapi hubungan dengan partai Kuomintang, yang dekat dengan Beijing, baru membaik sejak Ma menduduki kekuasaan 2008 lalu melalui platform peningkatan perdagangan dan pariwisata dengan Beijing.

“Jika terpilih... kami akan melakukan upaya terbaik untuk mencari jalan yang akan diterima oleh Taiwan dan daratan,” ungkap Tsai dalam acara debat yang disiarkan televisi pada hari Jumat.

“Kami tidak akan menjadi provokatif, dan berharap kedua belah pihak bisa duduk bersama dan berbicara dalam cara yang rasional,” katanya. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home