Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 11:13 WIB | Selasa, 28 September 2021

Cara Mudah Menghitung Cicilan Motor

Motor. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Cara menghitung cicilan motor perlu diketahui bagi kamu yang sudah memiliki rencana untuk mengambil kredit. Sebab, jika kamu sudah memiliki informasi mendasar tentang hitungan cicilan motor maka pemahaman mekanisme kredit tersebut akan lebih mudah. 

Keputusan untuk mengambil kredit atau menabung dan menunggu uang tunai terkumpul dapat diputuskan setelah mengetahui dan memahami cara penghitungan cicilan motor dengan benar. Lalu, bagaimana perhitungan kredit motor itu? 

Pertimbangan Sebelum Kredit Motor

Bagi kamu yang masih bingung untuk melakukan kredit motor maka perlu beberapa hal yang dijadikan sebagai pertimbangan. 

1. Cari Perusahaan Leasing Terpercaya

Hal pertama yang mendasari untuk bisa melakukan kredit motor adalah perusahaan leasing. Pastikan saat akan melakukan kredit motor memilih perusahaan leasing yang terpercaya. Caranya adalah dengan memilih perusahaan leasing yang sudah ternama dan memiliki banyak cabang.

2. Cara Pembayaran yang Sesuai Kemampuan

Dalam kredit motor ada dua pilihan cara pembayaran yang ditawarkan. Ada yang menawarkan DP besar dengan angsuran kecil, ada juga yang sebaliknya  Apapun caranya, pada intinya kamu harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada. 

Baiknya bandingkan jenis motor dengan biaya kredit beserta bunganya, juga jangka waktu pelunasan yang ditawarkan dealer. Selain itu cari dealer yang memberikan banyak kemudahan seperti cara pembayaran bisa dilakukan melalui ATM atau jasa pos. 

3. Memperhatikan Biaya Denda dan Asuransi

Setiap dealer tentu memiliki besaran denda yang berbeda. Ini nanti sangat berpengaruh selama proses pembayaran. Sebaiknya cari yang memberikan biaya denda rendah untuk menekan biaya yang menumpuk jika memang harus menunggak. Selanjutnya jangan lupa untuk menanyakan asuransi apa yang didapatkan selama proses kredit masih berlangsung. Setiap dealer bekerja sama dengan pihak asuransi yang berbeda sehingga setiap dealer memiliki asuransi yang berbeda-beda juga. 

Cara Menghitung Cicilan Motor yang Mudah 

Sebelum menghitung cicilan motor, maka kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang tenor, DP, suku bunga, dan cicilan. 

Pertama DP. DP adalah Down Payment atau uang muka. Sifatnya mutlak dan sisa dari pembayaran uang muka harus dilunasi secara berkala sesuai dengan kesepakatan yang sudah dicapai.

Kedua Tenor. Istilah dari jangka waktu kredit yang diajukan. Biasanya mengacu pa satuan bulan atau tahun. 

Ketiga Suku Bunga. Dalam kredit motor ada juga bunga yang harus dibayar. Biasanya pihak dealer akan menyebutkan besar bunganya. 

Keempat Cicilan. Cicilan adalah angsuran yang harus dibayar dimana besarnya sudah ditetapkan. Ini sudah termasuk bunga didalamnya dan biasanya besar bunga ditetapkan oleh pihak leasing atau perusahaan pembiayaan.

Contohnya, adalah sebuah pembelian motor dengan sistem kredit menggunakan tenor 24 bulan. Harga Cash: Rp 25 Juta. Uang DP: Rp 5,5 Juta. Sisa Utang:  Rp 19,5 Juta 

Total Bunga: (Harga Cash - DP x Persentase Bunga Per Bulan x Tenor 24 Bulan) (Rp19.500.000x 1,55 %) X 24 = Rp 7.254.000 

Total Utang Yang Perlu Dibayar = Sisa Utang + Total Bunga 

Rp19.500.000 + Rp 7.254.000 = Rp 26.754.000 

Maka Cicilan Per Bulan = Total Utang / Jangka Waktu Cicilan = Rp 26.754.000 / 24 = Rp 1.114.750

Dari contoh diatas, kredit motor ternyata jika ditotal pembayarannya jauh lebih besar daripada membeli tunai atau cash. Intinya, semakin lama tenor maka angsuran semakin kecil dan ringan. Namun total keseluruhan, nilainya jadi lebih besar dari harga cash karena ada tambahan bunga setiap bulannya.

Nah demikian sedikit ulasan tentang cara menghitung cicilan motor yang perlu diketahui. Jika ingin kredit motor Honda favorit kamu, percayakan pada dealer resmi Honda. Suku bunga kecil dan tenor cukup panjang bisa meringankan proses pelunasan. Sepeda impian pun akan ada ditangan kamu. Kamu juga bisa menerapkan perhitungan cicilan itu untuk melihat simulasi cicilan motor honda favoritmu. Dengan begitu, kamu bisa memperhitungkan dengan pasti kredit motor Honda yang akan kamu ambil. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home