Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 17:47 WIB | Rabu, 02 November 2022

China Berlakukan Penguncian COVID-19 di Area Pabrik iPhone

Seorang perempuan membawa payung berjalan melewati logo Foxconn di luar gedung perusahaan di Taipei, Taiwan 31 Oktober 2022. (Foto: dok. Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang China pada hari Rabu (2/11) memberlakukan penguncian area di sekitar pabrik iPhone terbesar di dunia, setelah para pekerja meninggalkan fasilitas tersebut untuk menghindari pembatasan COVID-19.

Zona Ekonomi Bandara Zhengzhou China Tengah, tempat raksasa teknologi Taiwan, Foxconn, menjalankan pabrik besar, memasuki tujuh hari "manajemen statis" pada hari Rabu, kata pejabat setempat dalam sebuah pernyataan, menggunakan eufemisme untuk penguncian.

Gambar muncul pekan lalu di media sosial China yang menunjukkan orang-orang keluar dari fasilitas Foxconn, yang mempekerjakan ratusan ribu pekerja.

Karyawan mengeluh secara online tentang kondisi yang buruk dan harus meninggalkan pabrik dengan berjalan kaki untuk menghindari pembatasan transportasi COVID-19.

Semua orang, kecuali relawan pencegahan COVID-19 dan pekerja penting, “tidak boleh meninggalkan tempat tinggal mereka kecuali untuk menerima tes COVID-19 dan perawatan medis darurat,” kata para pejabat hari Rabu.

Mereka menambahkan hanya kendaraan medis dan mereka yang mengirimkan barang-barang penting akan diizinkan di jalanan.

China adalah ekonomi utama terakhir yang berkomitmen pada strategi nol-COVID-19, bertahan dengan penguncian cepat, pengujian massal, dan karantina yang panjang dalam upaya untuk membasmi wabah yang muncul.

Tetapi varian baru telah menguji kemampuan pejabat lokal untuk memadamkan gejolak lebih cepat daripada yang dapat menyebar, menyebabkan sebagian besar negara itu hidup di bawah mosaik pembatasan COVID-19 yang terus berubah. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home