Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:01 WIB | Sabtu, 22 Oktober 2022

China Mungkin Belum Mengakhiri Kebijakan Nol-COVID-19

Kongres Partai Komunis China mungkin tidak mengambil keputusan untuk mengakhiri kebijakan nol-COVID-19.
Seorang pria diusap tenggorokannya untuk tes COVID-19 di tempat pengujian virus corona di Beijing, Rabu, 19 Oktober 2022. Saat Partai Komunis China yang berkuasa mengadakan kongres besar pekan ini, banyak warga Beijing bertanya-tanya apakah akhir dari Pertemuan akan membawa pelonggaran kebijakan "nol-COVID" China yang mengganggu kehidupan dan ekonomi. (Foto:P AP/Mark Schiefelbein)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Saat Partai Komunis China yang berkuasa mengadakan kongres pekan ini, banyak warga Beijing yang fokus pada masalah yang bukan agenda formal: Akankah akhir pertemuan membawa pelonggaran kebijakan "nol-COVID" China yang terkadang kejam yang mengganggu kehidupan dan ekonomi?

Tampaknya menjadi angan-angan. Ketika dunia beralih ke gaya hidup pasca pandemi, banyak orang di seluruh China telah menjadi enggan untuk mengantre beberapa kali sepekan untuk tes COVID-19, pembatasan pada perjalanan mereka ke wilayah lain, dan kemungkinan penguncian komunitas yang selalu ada.

“Tidak ada yang bisa kami lakukan,” kata Zhang Yiming, 51 tahun, pekan ini di sebuah taman di Beijing. “Jika kita melihat situasi di luar negeri, seperti Amerika Serikat di mana lebih dari satu juta orang telah meninggal, bukan? Di China, meskipun benar bahwa beberapa aspek kehidupan kita tidak nyaman, seperti perjalanan dan ekonomi, tampaknya tidak ada solusi yang baik.”

Orang-orang menantikan kongres partai, yang berakhir hari Sabtu, karena dua alasan. Pertemuan yang diadakan setiap lima tahun dan menetapkan agenda nasional untuk lima tahun ke depan, dapat mengirimkan sinyal kemungkinan perubahan arah kebijakan.

Kedua, pihak berwenang selalu memperketat control, COVID-19 dan lainnya, sebelum dan selama acara besar untuk mencoba menghilangkan gangguan, sehingga mereka dapat melonggarkan kontrol ketika acara berakhir.

Namun, setiap harapan untuk pelonggaran tampaknya telah pupus sebelum kongres. Surat kabar Partai Komunis, People's Daily, menerbitkan serangkaian opini tentang efektivitas pendekatan "nol-COVID" China, dan pejabat kesehatan mengatakan pekan lalu rakyat China harus mematuhinya.

Pemimpin China, Xi Jinping, memuji kebijakan tersebut pada upacara pembukaan kongres. Dia mengatakan telah memprioritaskan dan melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat dan membuat “pencapaian luar biasa dalam mencapai keseimbangan antara respons epidemi dan pembangunan ekonomi dan sosial.”

Setelah wabah awal pada awal 2020 yang menewaskan lebih dari 4.000 orang dan membanjiri rumah sakit dan kamar mayat, China sebagian besar berhasil menjinakkan virus sementara negara-negara lain kewalahan dengannya, kontras yang disuarakan dalam propaganda Partai Komunis.

Kemudian datang variahn Omicron pada akhir tahun 2021. China harus menerapkan pembatasan yang semakin meluas untuk mengendalikan varian yang menyebar lebih cepat, memberlakukan mengunci dan memulai pengujian rutin hampir seluruh populasi 1,4 miliar orang.

Langkah-langkah tersebut telah menimbulkan ketidakpuasan yang membara, yang dipicu oleh contoh penegakan hukum yang keras yang dalam beberapa kasus memiliki konsekuensi yang tragis.

Selama dua bulan penguncian Shanghai musim semi lalu, video yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan para pejabat mendobrak pintu apartemen untuk menyeret penghuni yang tidak mau ke fasilitas karantina. Anak-anak juga dipisahkan dari orang tua mereka, karena satu atau yang lain terinfeksi.

Sementara kongres partai belum memberikan momen penting yang diharapkan beberapa orang, itu mungkin menjadi titik di mana pemerintah mulai meletakkan dasar untuk proses panjang melonggarkan pembatasan, kata Dr. Yanzhong Huang, direktur Pusat Studi Kesehatan Global di Universitas Seton Hall dan pakar kesehatan masyarakat di China.

Beberapa faktor menunjukkan bahwa pemerintah tidak akan terburu-buru untuk membuka diri, termasuk penerimaan kebijakan secara luas di antara mereka yang merasa tidak nyaman tetapi belum mengalami penguncian yang berkepanjangan atau berulang.

“Sebagian besar populasi melanjutkan hidup mereka, tidak terpengaruh, dan itu adalah kebijakan yang jauh lebih baik dari perspektif pemerintah untuk diterapkan daripada, misalnya, memaksakan mandat vaksin pada populasi,” kata Chen.

Tetapi Huang mencatat tanda-tanda ketidakstabilan sosial yang berkembang, terutama di kalangan kelas menengah dan penduduk perkotaan.

“Saya pikir pertanyaannya adalah apakah sudah mencapai titik kritis yang orang benar-benar menganggap ini tidak dapat diterima lagi,” katanya. “Kami tidak bisa mentolerir itu lagi. Masih harus dilihat bahkan di kota-kota besar, Anda tahu, bagaimana orang mau mentolerir tindakan kejam.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home