Loading...
SAINS
Penulis: Melki 17:45 WIB | Rabu, 02 November 2022

Empat Tips Pilih Roller Blind untuk Rumah Minimalis

Ilustrasi. Pixabay

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Hunian minimalis saat ini semakin banyak peminatnya. Agar bertambah nyaman bisa mengganti gorden dengan roller blind

Selain terlihat asri, untuk merawatnya juga jauh lebih mudah. Hemat tenaga, waktu dan biaya. Rumah minimalis akan terkesan modern dan menarik dengan menggunakan penutup jendela jenis ini.

Roller blind adalah penutup kaca seperti gorden yang modern. Cara menutup dan membukanya cukup dengan menarik tali yang terkait dengan katrol atau dengan sistem lain yang praktis. Jenis ini akan membuat bangunan minimalis semakin keren dan modern. Banyak perkatoran dan rumah yang menggunakannya.

Cara Memilih Roller Blind untuk Rumah Minimalis

Keunggulan jenis penutup ini menjadikan banyak orang memilihnya. Sistem kerjanya membuat kesan modern pada rumah semakin kuat. 

Kemampuan bahannya untuk menahan sengatan matahari juga tidak diragukan sehingga orang yang berada di dalam ruangan tetap merasa nyaman. Apalagi bahan pembuatnya cukup mudah dibersihkan.

Penggunaan penutup jendela jenis satu ini tidak perlu mencucinya. Agar tetap bersih hanya perlu menyedot debu yang menempel dengan menggunakan vacuum cleaner saja secara rutin. Bahan untuk membuatnya pun bermacam-macam, diantaranya polyester, PVC dan fiber. Sedangkan sistem untuk membuka dan menutup bisa dengan rantai atau pegas.

Saat ini banyak jenis yang ditawarkan oleh penjual. Anda bisa mendapatkan roller blind murah sampai mahal tergantung budget dan kualitas yang diinginkan. Agar tidak salah, sebaiknya memahami empat tips memilihnya terlebih dulu.

1. Tentukan cara kerjanya

Roller blind merupakan jenis penutup jendela modern, baik model, bentuk maupun cara kerjanya. Karena itu sangat sesuai untuk rumah minimalis yang berkonsep modern. 

Cara kerja berpengaruh besar pada mudah tidaknya pengoperasian proses menutup dan membuka gorden modern ini.

Terdapat dua jenis penutup jendela ini berdasarkan cara kerjanya, yaitu manual dan menggunakan roda. Untuk manual, penutup agar bergerak menutup maupun membuka apabila tali penghubungnya ditarik dan dilepaskan.

Sedangkan sistem motor, cara pengoperasiannya sangat simpel. Cukup dengan menekan tombol saja, maka secara otomatis penutup akan bergerak menutup maupun membuka sesuai keinginan.

Bagi yang ingin praktis, sistem motor ini paling tepat karena hanya tinggal tekan saja. Untuk jenis manual, jika kurang pas dalam menarik, bisa menyebabkan penutup tergulung tidak rapi.

2. Sesuaikan desain dengan rumah

Dalam memilih penutup jendela modern ini, harus disesuaikan dengan jenis desain rumahnya. Untuk yang rumah minimalis, sebaiknya pilih desain yang simpel dan warna lembut seperti putih, abu-abu atau krem. Selain terkesan simpel juga lembut dan nyaman di mata.

Jenis penutup jendela ini sangat berpengaruh pada konsep rumah dan sentuhan akhir. Salah dalam memilihnya, kama konsep rumah yang ingin dihadirkan tidak bisa terwujud. Karena itu harus teliti sebelum membelinya.

Pemilihan warna ini sangat penting. Jangan sampai keberadaan penutup jendela merusak kesatuan warna yang akan ditampilkan daru rumah minimalis Anda. Karena itu harus memperhatikan dan menyesuaikan dengan warna cat dinding serta furnitur dalam ruang tersebut.

3. Perhatikan posisi pemasangan

Fungsi utama penutup jendela ini adalah untuk mencegah sinar matahari masuk ke dalam rumah yang menyebabkan penghuni kurang merasa nyaman. Pemilihan penutup jendela sangat menentukan dalam hal ini.

Jika dipasang pada jendela yang menghadap ke timur, perlu jenis blackout yang dapat menahan terik matahari secara sempurna. Sebaliknya, untuk pemasangan pada bagian lain dapat memilih dimout atau sheer yang simpel dan sederhana. Jenis blackout biasanya juga dipasang pada wilayah yang perlu privasi, seperti kamar mandi atau kamar tidur.

4. Pemilihan bahan

Banyak produsen yang menyediakan roller blind murah maupun premium sesuai dengan bahan dan desain. Pemilihan bahan bukan hanya tergantung pada kualitas dan budget yang tersedia, namun juga perlu menyesuaikan tempat pemasangan.

Ada beberapa bagian rumah yang harus mendapat perlindungan maksimal karena terkait dengan privasi. Karena itu harus memilih bahan penutup jendela yang berfungsi sempurna. Artinya menutup secara maksimal tanpa ada bagian yang terbuka sama sekali sehingga tidak ada orang lain yang dapat melihat dari luar.

Namun ada bagian rumah minimalis yang membutuhkan pencahayaan dari luar serta sinar matahari, seperti pada ruang tamu. Untuk wilayah ini bisa menggunakan jenis penutup yang sedikit transparan atau mempunyai celah agar sinar matahari dapat masuk langsung.

Pemilihan bahan yang sedikit transparan untuk ruang publik bukan hanya menjadikannya lebih alami, namun juga dapat menghemat energi. Pada siang hari Anda dapat membiarkan roller blind sedikit terbuka agar sinar matahari masuk sehingga tidak perlu menyalakan lampu.

Beberapa poin yang perlu dipertimbangan sebelum membeli roller blind cukup penting agar tidak salah beli. Selain kurang nyaman, jika salah dalam membeli, maka penutup jendela tidak dapat berfungsi secara maksimal sesuai kebutuhan dan tidak mendukung konsep rumah minimalis dari hunian.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home