Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:32 WIB | Rabu, 22 November 2023

China Perluas Penutupan Masjid Hingga di Luar Xinjiang

Etnis minoritas Hui setelah berdoa di masjid di Yinchuan, wilayah otonomi Ningxia Hui, China. (Foto: dok. AP/Ng Han Guan)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah China telah memperluas kserangan penutupan masjid-masjid di wilayah-wilayah selain Xinjiang, yang selama bertahun-tahun telah disalahkan karena menganiaya kelompok minoritas Muslim, menurut laporan Human Rights Watch yang dirilis pada hari Rabu (22/11).

Pihak berwenang telah menutup masjid-masjid di wilayah Ningxia utara serta Provinsi Gansu, yang merupakan rumah bagi populasi besar Muslim Hui, sebagai bagian dari proses yang secara resmi dikenal sebagai “konsolidasi,” menurut laporan tersebut, yang mengacu pada dokumen publik, citra satelit dan keterangan saksi.

Pemerintah setempat juga telah menghapus ciri-ciri arsitektur masjid agar terlihat lebih “Tionghoa,” sebagai bagian dari kampanye Partai Komunis yang berkuasa untuk memperketat kontrol atas agama dan mengurangi risiko kemungkinan tantangan terhadap pemerintahannya.

Presiden China, Xi Jinping, pada tahun 2016 menyerukan “Sinisisasi” agama, memulai tindakan keras yang sebagian besar terkonsentrasi di wilayah barat Xinjiang, rumah bagi lebih dari 11 juta warga Uyghur dan minoritas Muslim lainnya.

Sebuah laporan PBB tahun lalu menemukan bahwa China mungkin telah melakukan “kejahatan terhadap kemanusiaan” di Xinjiang, termasuk melalui pembangunan jaringan kamp interniran di luar hukum yang diyakini telah menampung setidaknya  satu juta warga Uyghur, Hui, Kazakh, dan Kyrgyzstan.

Pihak berwenang China telah menonaktifkan, menutup, menghancurkan atau mengubah masjid-masjid untuk keperluan sekuler di wilayah-wilayah di luar Xinjiang sebagai bagian dari kampanye yang bertujuan untuk menindak ekspresi keagamaan, menurut Human Rights Watch.

Kementerian Luar Negeri China tidak segera menjawab pertanyaan melalui faks untuk meminta komentar mengenai laporan tersebut dan kebijakan resminya terhadap minoritas Muslim.

Salah satu referensi pertama yang diketahui mengenai “konsolidasi masjid” muncul dalam dokumen internal partai pada bulan April 2018 yang dibocorkan ke media Amerika Serikat sebagai bagian dari kumpulan dokumen yang dikenal sebagai “Xinjiang Papers.”

Dokumen tersebut menginstruksikan lembaga-lembaga negara di seluruh negeri untuk “memperkuat standar manajemen pembangunan, renovasi dan perluasan tempat-tempat keagamaan Islam” dan menekankan bahwa “tidak boleh ada tempat-tempat Islam yang baru dibangun” untuk “memampatkan jumlah keseluruhan masjid.

“Pemerintah China tidak ‘mengkonsolidasikan’ masjid-masjid seperti yang mereka klaim, namun menutup banyak masjid yang melanggar kebebasan beragama,” kata Maya Wang, penjabat direktur China di Human Rights Watch.

“Penutupan, penghancuran, dan penggunaan kembali masjid oleh pemerintah China adalah bagian dari upaya sistematis untuk mengekang praktik Islam di China.”

Di desa Liaoqiao dan Chuankou di Ningxia, pihak berwenang membongkar kubah dan menara ketujuh masjid dan merobohkan bangunan utama dari tiga masjid antara tahun 2019 dan 2021, menurut video dan gambar yang diposting online dan dikuatkan dengan citra satelit oleh para peneliti kelompok tersebut.

Selain itu, ruang wudhu di salah satu masjid di bagian dalamnya rusak, menurut video yang diperoleh kelompok tersebut. Associated Press tidak dapat memverifikasi secara independen perubahan yang dijelaskan dalam laporan tersebut.

Kebijakan “konsolidasi masjid” juga dirujuk dalam dokumen Maret 2018 yang dikeluarkan oleh pemerintah Yinchuan, ibu kota Ningxia. Menurut surat kabar tersebut, pemerintah ingin “mengontrol secara ketat jumlah dan skala tempat keagamaan” dan menyerukan agar masjid mengadopsi “gaya arsitektur China.”

Makalah tersebut menyatakan bahwa “integrasi dan kombinasi masjid” dapat “menyelesaikan masalah banyaknya tempat ibadah.” Di provinsi Gansu, beberapa pemerintah daerah telah melakukan upaya rinci untuk “mengkonsolidasikan” masjid.

Di Kabupaten Guanghe, yang mayoritas penduduknya adalah suku Hui, pihak berwenang pada tahun 2020 “membatalkan pendaftaran 12 masjid, menutup lima masjid dan memperbaiki serta mengkonsolidasikan lima masjid lainnya,” menurut buku tahunan pemerintah, yang dirujuk dalam laporan Human Rights Watch.

Laporan berita juga menunjukkan bahwa pemerintah China telah melakukan penutupan merobohkan atau mengubah masjid di tempat lain di negara ini, terkadang mendapat reaksi keras dari masyarakat. Pada bulan Mei, pengunjuk rasa di kota Nagu di provinsi selatan Yunnan bentrok dengan polisi terkait rencana pembongkaran kubah masjid. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home