Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:43 WIB | Jumat, 15 September 2023

Citra Satelit Menunjukkan Penutupan Kamp Wagner di Belarusia

Gambar pangkalan militer Tsel di wilayah Mogilev, yang diambil pada tanggal 25 Juli, 25 Agustus, dan 9 September dan disediakan oleh perusahaan pencitraan Bumi Planet Labs, tampaknya menunjukkan pembongkaran tenda secara bertahap di kamp Wagner. (Foto: via Reuters)

MINSK, SATUHARAPAN.COM-Citra satelit dari pangkalan militer di tenggara ibu kota Belarusia, Minsk, tampaknya menunjukkan pembongkaran tenda dalam beberapa pekan terakhir, yang mungkin mengindikasikan penutupan pangkalan Wagner, perusahaan tentara bayaran Rusia yang berada di balik pemberontakan yang gagal.

Pada tanggal 23 Agustus, bos Wagner, Yevgeny Prigozhin, dan para letnan utamanya terbunuh ketika sebuah jet pribadi yang ia gunakan jatuh dalam keadaan yang tidak dapat dijelaskan, sehingga nasib tentara bayarannya diragukan.

Gambar pangkalan militer Tsel di wilayah Mogilev, yang diambil pada tanggal 25 Juli, 25 Agustus, dan 9 September dan disediakan oleh perusahaan pencitraan Bumi Planet Labs, tampaknya menunjukkan pembongkaran tenda secara bertahap di kamp Wagner.

Reuters tidak dapat memverifikasi sifat perubahan yang terjadi di kamp tersebut.

Pada bulan Juni, kelompok Wagner melancarkan pemberontakan singkat terhadap petinggi militer di Rusia, yang dikutuk sebagai pengkhianatan oleh Presiden Vladimir Putin.

Presiden Belarus, Alexander Lukashenko, mengundang Wagner untuk melakukan operasi di negaranya sebagai bagian dari kesepakatan yang mengakhiri pemberontakan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home