Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:48 WIB | Jumat, 15 September 2023

Presiden: Ukraina Hancurkan Sistem Pertahanan Udara Rusia di Krimea

Pasukan di garis pertempuran Timur dan Selatan terus mengalami kemajuan dengan Rusia mengalami banyak kerugian.
Pasukan tank Ukraina dalam latihan militer, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Ukraina Utara 8 September 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Kamis (14/9) memuji atas penghancuran sistem pertahanan udara Rusia oleh pasukan Ukraina di semenanjung Krimea yang dianeksasi.

“Perhatian khusus harus diberikan kepada seluruh personel Dinas Keamanan Ukraina serta angkatan laut kami,” kata Zelenskyy dalam pesan video malamnya.

“Saya berterima kasih atas kemenangan hari ini,” katanya, mengacu pada sistem pertahanan udara “Triumf” Rusia. “Sistem pertahanan udara penjajah hancur. Sangat signifikan, bagus sekali!”

Ukraina dilaporkan melanjutkan serangan yang melelahkan untuk merebut kembali wilayah di dekat kota Bakhmut yang dikuasai Rusia dan menimbulkan banyak korban jiwa pada pasukan Rusia di front selatan, kata para pejabat senior militer.

Laporan Ukraina menguraikan pertempuran sengit di banyak bagian front timur, namun tidak ada terobosan baru dalam serangan balasan yang telah berlangsung selama tiga bulan.

Kemajuan Ukraina jauh lebih lambat dibandingkan kemajuan yang mereka catat tahun lalu dalam memulihkan wilayah di timur laut, karena kemajuan yang mereka lakukan secara metodis dalam menghadapi kubu kuat Rusia.

Presiden Volodymyr Zelenskyy dan pejabat lainnya menepis kritik Barat yang mengatakan serangan tiga bulan itu terlalu lambat dan terhambat oleh kesalahan strategis, seperti menempatkan pasukan di tempat yang salah.

Sementara Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah berhasil menghalau delapan serangan di wilayah timur di wilayah yang diperebutkan di selatan Bakhmut.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, mengatakan pasukan Kiev berhasil menguasai sekitar tiga desa di selatan Bakhmut, termasuk Andriivka. “Kemajuan telah dicapai dalam hal ini,” katanya melalui aplikasi perpesanan Telegram.

Maliar awalnya melaporkan bahwa Andriivka telah berada di bawah kendali Ukraina, namun kemudian mengatakan bahwa hal itu tidak akurat karena pertempuran masih berkecamuk di sekitar desa.

Pasukan Rusia merebut Bakhmut pada bulan Mei setelah pertempuran berbulan-bulan yang menyebabkan kota itu hancur. Pasukan Ukraina sejak itu terus menggerogoti posisi Rusia, terutama di selatan Bakhmut.

Maliar tidak menyebutkan kota Avdiivka dan Maryinka, lebih jauh ke selatan di wilayah Donetsk, sehari setelah dia mengatakan keduanya menjadi sasaran serangan besar-besaran Rusia.

Di front selatan, di mana pasukan Ukraina fokus untuk merebut sejumlah desa dalam upaya menuju Laut Azov, Maliar mengatakan pasukan Rusia telah menderita “kerugian besar” dalam serangan di kota-kota penting.

Korban di pihak Rusia, kata Maliar, telah “secara signifikan mengurangi kemampuan mereka untuk membela diri”.

Gerakan ke arah selatan dimaksudkan untuk membelah jembatan darat yang dibuat oleh pasukan Rusia antara semenanjung Krimea, yang dianeksasi oleh Moskow pada tahun 2014, dan wilayah yang mereka kuasai di timur, yang diperluas oleh invasi skala penuh yang diluncurkan pada bulan Februari 2022.

Oleksander Shtupun, juru bicara pasukan di front selatan, menggarisbawahi besarnya kerugian yang dialami Rusia dalam upaya Moskow untuk memulihkan posisi mereka yang hilang.

“Musuh, sebagai akibat dari upaya merebut kembali setidaknya sebagian posisi yang hilang di arah Tavria (selatan) dalam dua hari terakhir, telah kehilangan 15 tank dan 12 kendaraan lapis baja,” katanya di televisi nasional.

Dia memperkirakan jumlah personel Rusia yang hilang sebanyak 665 orang dalam dua hari. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home