Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 11:40 WIB | Selasa, 18 Maret 2014

Dapil Jateng IV: Diisi Dalang, Keluarga Keraton, dan Partai

Wilayah Dapil Jateng IV (biru). (Sumber: navperencanaan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Muka-muka lama mencalonkan diri lagi di Daerah Pemilihan (Dapil) IV Jawa Tengah dalam Pemilu 9 April 2014. Dari tujuh anggota Dewan Perwakilan rakyat (DPR) RI, enam maju kembali. Ningrat Keraton Kasunanan Surakarta akan beradu dengan keluarga penguasa partai di dapil yang meliputi Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri ini. Ada juga dalang kondang ikut mencalonkan diri.

Ada 84 caleg yang akan berebut kursi dari dapil yang meliputi Karanganyar, Sragen, dan Wonogiri itu. Daftar pemilih tetap (DPT) dari dapil ini sebanyak 2.361.634 orang. Menurut penelusuran satuharapan.com pada Rabu (18/3), tujuh kursi di daerah pemilihan itu bakal diperebutkan 84 caleg.

Jika mereka memperoleh kira-kira 337.000—yang nilai tepatnya ditetapkan setelah semua suara sah sudah diketahui—hampir pasti melangkah ke Senayan sebagai wakil Jateng IV. Namun, mereka harus memastikan, partai tempat mereka bernaung harus lolos parliamentary threshold sebesar 3,5 persen. Jika tidak, suara mereka sia-sia.

Adik Amien Rais Tidak Lagi Mencalonkan Diri

Dari tujuh anggota DPR, enam mencalonkan diri lagi. Mereka, Muhammad Martri Agoeng (PKS), Bambang Wuryanto dan Mangara M Siahaan (PDIP), Hajriyanto Y Thohari (Golkar), Rinto Subekti (Demokrat), serta Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati (Hanura).

Hanya satu anggota Dewan yang dulu terpilih dari dapil ini yang tidak maju lagi, yakni Abdul Rozaq Rais. Ia adalah adik mantan Ketua Umum DPP PAN Amien Rais. Alasan ia tidak maju lagi, tidak diketahui.

Keraton vs Partai

Beberapa nama populer yang maju dari dapil ini antara lain dalang Warseno (NasDem), dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Gerindra). Nama terakhir merupakan keponakan dari Prabowo Subianto, pendiri Partai Gerindra.

Trah Keraton juga diajukan Demokrat di dapil ini. Kanjeng Pangeran Eddy Wirabhumi ikut maju dalam pencalonan, seperti yang dilakukan istrinya, GKR Koes Moertiyah yang maju dari dapil berbeda. Sekretaris PDIP Jateng Agustina Wilujeng juga kembali maju. Pada 2009, Agustina sempat maju dari dapil ini tapi tidak berhasil mendapat tiket kursi di Senayan.

Golkar juga mengajukan salah satu kadernya yang tercatat sebagai anggota DPRD Jateng, Endang Maria.

Di Gerindra juga tercatat seorang pejabat perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. MB Setiadharma tercatat sebagai Senior Vice President Security Indika Energy.

Daftar Lengkap Caleg DPR dari Dapil Jateng IV

Partai NasDem: Warseno, Ristiyanto, Nia Chandra Kirana, Danan Sumardi, Dwi Wiyanti, Ny Karni, Raden Sujarto.

Partai Kebangkitan Bangsa: Mukafi Fadli, Mugiharjo, Wahyu Widiya Suryani Ning Waluyo, Lamat Subjakto, Mahsun Kamawi, Siti Amaliyah Sari Asih, Nani Hartati.

Partai Keadilan Sejahtera: Mohammad Martri Agoeng, Mukhayar, Leli Firli Rohmani, Hamid Noor Yasin, Joko Widodo, Nurul Fithri Ishvari, Sri Purwanti.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan: Bambang Wuryanto, Mangara M Siahaan, Agustina Wilujeng Pramestuti, Stefanus Asat Gusma, Lisa Febriyanti, Katarina Ida Rokhayati, Raharja Waluya Jati.

Partai Golongan Karya: Hajriyanto Y Thohari, Juliyatmono, Endang Maria Astuti, Wihaji, Arnanto Nurprabowo, Linda Setiawati, Aisyah Ulfa Syafii.

Partai Gerakan Indonesia Raya: MB Setiadharma, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Budi Supriyatno, Sudarmanto, Retno Yuliati, Andy R Wijaya, Ning Woro Supeni.

Partai Demokrat: Rinto Subekti, Juniwati Nasir, KP Eddy Wirabhumi, Vinod Kumar Agarwal, Putri Nurhaeni, Bayu Jalar Prayogo, Titis Adiyanur Machfudiyah.

Partai Amanat Nasional: Laila Istiana, Ibnu Mahmud Bilaludin, Heru Cipto Nugroho, Ali Badarudin, Agung Yudi Prasetya, Devi Sukitiyowati, Siti Aisah.

Partai Persatuan Pembangunan: Bambang Hermanto, Anding Sukiman, Robiatul Adawiyah, Sujatno, Sri Murwani, Rofiqoh, Tondo Tarmanto.

Partai Hati Nurani Rakyat: Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, Eret Hartanto, Budiyanto Darmastono, Agus Susilo, Rusdianto Rusli, Dian Eli Suryaningsih, Dyah Ngestie Susilowati.

Partai Bulan Bintang: Buddhiarto, Siswanto, Sri Rusmiati, Sukamto, Yahya Nurhadi, Lia Kurnia, Sri Rohana.

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia: Santi Widianti, Bambang Haryanto, Kusnadi N, Ida Hadijah, Rudy Watak, Theresia Monica Danis Rahayu, Zainal Arifien. (kpu.go.id/dpr.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home