Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 17:26 WIB | Kamis, 04 Juni 2015

Demi Tol Becakayu, DKI Tumbangkan 917 Pohon

Pohon di sepanjang Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur terkena imbas dari proyek pembangunan tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu). (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menebang 917 pohon di sepanjang Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, agar pembangunan Jalan Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) dan pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang berjalan lancar. Penebangan terpaksa dilakukan karena pohon-pohon tersebut masuk dalam area pembebasan yang terkena imbas proyek pembangunan tol.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur Mimi Rachmawati mengatakan dari 917 pohon yang ditebangi, 717 di antaranya ialah pohon berukuran besar dan 200 lebih lainnya pohon ukuran kecil. Pohon yang ditebang sebagian besar jenis mahoni, angsana, beringin, trembesi.

"Untuk pohon besar yang ditebang pasti akan diganti. Perbandingannya satu pohon diganti dengan 10 pohon sehingga kalau ada 717 pohon, maka gantinya bisa 7.017 pohon," ujar Mimi, Kamis (4/6) seperti dikutip beritajakarta.com.

Pohon pengganti ini nantinya akan ditanam di sejumlah titik di Jakarta Timur, terutama di daerah yang masih gersang.

Sebelumnya, peletakan batu pertama (ground breaking) Tol Becakayu dilakukan Menteri Pekerjaan Umum (2009-2014) Djoko Kirmanto, di akhir masa jabatannya periode lalu. Pekerjaan ruas tol tersebut sempat mangkrak 16 tahun, terhenti sejak 1998. Tol Becakayu terdiri atas dua seksi, Seksi I (Casablanca-Jaka Sampurna), dan Seksi II (Jaka Sampurna-Duren Jaya). Panjang Seksi I adalah 11 km, dan Seksi II 10,04 km. Total investasi di tol Becakayu mencapai Rp 7,2 triliun.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home