Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:58 WIB | Jumat, 18 November 2022

Demonstran Bakar Rumah Pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Ruholah Khomeini

Sebuah gambar yang diperoleh AFP di luar Iran pada 21 September 2022, menunjukkan para demonstran Iran turun ke jalan-jalan di ibu kota Teheran selama protes untuk Mahsa Amini, beberapa hari setelah dia meninggal dalam tahanan polisi. (Foto: dok. AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Para pengunjuk rasa di Iran membakar rumah tua milik mantan pemimpin tertinggi negara itu dan pendiri rezim, Ayatollah Ruhollah Khomeini, pada hari Kamis (17/11), rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan, ketika protes anti-rezim yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini memasuki bulan ketiga.

Demonstrans turun ke jalan setidaknya di 23 kota di seluruh Iran pada hari Kamis, menurut video yang diposting oleh kelompok aktivis 1500tasvir di Twitter.

Di kota Khomein, tempat kelahiran Khomeini, pengunjuk rasa membakar rumah yang diubah menjadi museum pendiri Republik Islam tersebut, rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan.

Video lain dari Khomein menunjukkan pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang para pemimpin ulama Iran.

“Tahun ini adalah tahun darah, (Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei) akan digulingkan,” teriak pengunjuk rasa di ibu kota Teheran, sebuah video yang diposting oleh 1500tasvir menunjukkan.

Kantor berita semi-resmi Iran, Fars, mengatakan lima anggota pasukan keamanan tewas selama protes hari Kamis.

Protes telah melanda Iran sejak 16 September ketika perempuan Kurdi Iran berusia 22 tahun, Amini, meninggal tiga hari setelah pingsan dalam tahanan polisi. Dia telah ditahan oleh polisi moralitas Teheran karena diduga tidak mematuhi aturan jilbab yang ketat dari rezim ulama Iran.

Demonstran telah menyerukan perubahan rezim dalam protes yang telah menjadi salah satu tantangan paling berani terhadap rezim tersebut sejak didirikan pada tahun 1979.

Lebih dari 300 orang telah dibunuh oleh pasukan keamanan dan ribuan telah ditahan, menurut kelompok hak asasi manusia.

Iran menyalahkan kerusuhan itu pada kekuatan asing, yaitu Amerika Serikat dan Israel. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home