Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 19:57 WIB | Sabtu, 12 November 2022

Ketegangan di Iran dan Israel Mungkin Menyusup ke Piala Dunia Qatar

Jam Hitung Mundur Piala Dunia FIFA resmi di corniche Doha, menghadap ke cakrawala Doha, Qatar, Rabu, 19 Oktober 2022. Qatar mungkin berharap penggemar sepak bola mengabaikan politik di Piala Dunia pertama di Timur Tengah. Tetapi Israel dan Iran, musuh yang terkunci dalam konflik di seluruh kawasan, membawa titik nyala sensitif ke ambang pintu turnamen. (Foto: dok. AP Photo/Nariman El-Mofty)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Qatar mungkin berharap penggemar sepak bola mengabaikan politik di Piala Dunia pertama di Timur Tengah. Tetapi Israel dan Iran, musuh yang terkunci dalam konflik di seluruh kawasan, membawa titik nyala sensitif ke ambang pintu turnamen.

Israel tidak bersaing, tetapi melihat tontonan besar-besaran sebagai cara untuk lebih berintegrasi ke Timur Tengah setelah menjalin hubungan dengan dua tetangga Qatar di Teluk Arab. Ribuan turis Israel, yang telah lama dijauhi, diperkirakan akan terbang ke ibuk ota Qatar, Doha, dengan penerbangan langsung yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Iran, yang dikejutkan oleh protes yang meletus atas kematian pada 16 September atas seorang perempuan berusia 22 tahun, Mahsa Amini, dalam tahanan polisi moral negara, memiliki banyak hal yang dipertaruhkan. Lapangan bisa memberikan aktivis Iran audiensi yang luas untuk protes. Atau bisa juga mengantarkan Iran meraih kemenangan di pentas dunia dalam pertandingan putaran pertama melawan rivalnya, Amerika Serikat.

Lokasi turnamen di emirat Teluk Persia, hanya penerbangan singkat dari Israel dan Iran, menambah lapisan ketegangan. Fans Iran dan Israel telah menggosok bahu di Piala Dunia sebelumnya, tetapi tidak pernah di acara seperti itu di halaman belakang mereka sendiri.

“Ketegangan Israel dan Iran selalu mungkin terjadi,” kata Mehrzad Boroujerdi, seorang ahli Iran dan dekan perguruan tinggi di Universitas Sains dan Teknologi Missouri. “Orang bisa memperkirakan kelompok garis keras untuk mencoba dan membuat pernyataan.”

Israel di Tengah Negara-negara Arab

Bagi Israel, turnamen olah raga sangat penting dalam usahanya untuk diterima meskipun ada konflik yang belum terselesaikan dengan Palestina.

Pada tahun 2018, dua tahun sebelum Uni Emirat Arab meresmikan hubungan dengan Israel, lagu kebangsaan Israel dimainkan dan bendera negara itu berkibar di kompetisi judo di Abu Dhabi. Adegan seorang menteri Kabinet Israel menangis ketika dia menyanyikan "HaTikva" di ibu kota UEA memicu pukulan keras setelah bertahun-tahun para pemain Arab dan Iran menolak berjabat tangan dengan orang Israel dan menarik diri dari pertandingan.

Apa yang disebut Kesepakatan Abraham yang dicapai Israel pada tahun 2020 dengan Bahrain, Maroko, dan UEA menandai perubahan yang menentukan di wilayah tersebut. Prospek normalisasi Israel dengan Qatar, yang membantu membiayai penguasa militan Hamas di Jalur Gaza, mungkin tampak tidak masuk akal setelah Doha menutup kantor perdagangan Israel di sana pada 2008.

Tetapi masuknya ribuan penggemar Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya ke negara Muslim konservatif itu dapat memajukan ambisi Israel untuk menjadi negara lain di kawasan itu, kata para ahli.

Qatar Izinkan Penerbangan Langsung dari Israel

Dalam kesepakatan terobosan yang diumumkan Kamis, Qatar berjanji untuk mengizinkan penggemar sepak bola dari Israel dan wilayah Palestina untuk terbang langsung ke Doha. Itu termasuk penduduk Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza yang diblokade, yang biasanya tidak dapat melakukan perjalanan keluar dari Tel Aviv.

“Tanda bahwa Qatar mengizinkan orang Israel melakukan perjalanan ke sana untuk Piala Dunia merupakan indikasi bahwa mereka bersedia untuk melunakkan sikap mereka terhadap Israel,” kata Emmanuel Navon, seorang rekan senior di Institut Studi Strategis Yerusalem.

Pertama, Israel akan mendirikan layanan konsuler sementara untuk warga negara di turnamen meskipun negara-negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik. Untuk menghindari reaksi balik dari Palestina, Qatar menekankan “sikapnya pada normalisasi (dengan Israel) tidak berubah.”

Banyak orang Israel memanfaatkan turnamen itu sebagai kesempatan langka untuk melihat emirat yang dinyatakan terlarang.

“Hanya ada satu kali ini kita bisa pergi,” kata Gil Zilber, seorang penggemar dari Ramat Gan di pinggiran Tel Aviv dengan tiket Piala Dunia. “Saya mendengar mereka (Qatar) mendukung Hamas tetapi saya tidak takut.”

Pertandingan Tim Iran dan AS 29 November

Iran, dan pertandingan sepak bolanya dengan tim Amerika Serikat pada 29 November, juga telah mendorong Piala Dunia ke dalam politik yang mudah terbakar.

Protes yang melanda Iran telah berubah menjadi salah satu tantangan paling berani bagi para ulama yang berkuasa sejak Revolusi Islam 1979. Pasukan keamanan telah berusaha untuk meredam perbedaan pendapat, menewaskan lebih dari 270 orang, menurut kelompok hak asasi.

Aktivis Iran telah menuntut agar FIFA, badan pengatur sepak bola dunia, mengeluarkan Iran dari Piala Dunia, dengan alasan tindakan keras negara itu dan pembatasan terhadap penggemar perempuan di stadion sepak bola.

Klub sepak bola papan atas Ukraina juga mengajukan permintaan atas dukungan militer Iran untuk Rusia dalam perangnya melawan Ukraina. Namun, Iran masih ikut bertanding.

Ajang Protes Aktivis Iran

Apa yang akan terjadi di lapangan: apakah anggota tim mengenakan ban lengan dalam solidaritas dengan protes seperti yang mereka lakukan selama Gerakan Hijau 2009 atau berjabat tangan dengan saingan Amerika mereka seperti yang mereka lakukan pada tahun 1998, adalah pertanyaan yang sulit. Tapi itu sudah terjadi, pembangkang di luar negeri telah menyerukan protes selama pertandingan.

Beberapa pemain Iran telah berbicara untuk mendukung gerakan protes. Dalam sebuah posting Instagram yang kemudian dihapus, striker internasional Iran, Sardar Azmoun, mengatakan dia akan mengorbankan tempatnya di turnamen untuk “satu rambut di kepala perempuan Iran.” Dalam tindakan pembangkangan, dia tidak melakukan selebrasi ketika dia mencetak gol pada pertandingan di Wina pada akhir September.

Mantan bintang sepak bola lebih vokal. Dua orang ditangkap atas dukungan mereka terhadap protes. “Pemain sepak bola di Iran selalu berpihak pada rakyat,” kata Alex Vatanka, seorang rekan senior di Middle East Institute di Washington.

Mereka akan diawasi dengan ketat. Ketika pemanjat tebing Iran, Elnaz Rekabi, berkompetisi di Korea Selatan tanpa mengenakan jilbab wajib negaranya, dia menjadi penopang gerakan protes. Beberapa mengharapkan insiden internasional serupa di Piala Dunia.

Pengawasan oleh Pemerintah Iran

Presiden Iran Ebrahim Raisi menugaskan menteri luar negerinya pekan lalu dengan "memprediksi dan mencegah kemungkinan masalah," lapor kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah.

“Mempertimbangkan kedekatan geografis dengan Iran dan fakta bahwa mengekspos rezim telah menjadi sangat penting, kita kemungkinan akan melihat warga Iran dan ekspatriat memanfaatkan Piala Dunia sebagai tontonan untuk menyuarakan protes mereka,” kata Boroujerdi.

Iran awalnya berusaha untuk menguangkan kedekatan itu, mempromosikan hotel pulaunya kepada penggemar Piala Dunia, tetapi rencana itu dengan cepat berantakan. Sementara itu, orang asing telah ditangkap di tengah protes. Seorang pejalan kaki Spanyol trekking dari Madrid ke Piala Dunia menghilang setelah menyeberang ke Iran.

“Tidak ada yang mau mengunjungi Iran dalam situasi saat ini,” kata agen tur yang berbasis di Teheran, Omid Gholamhosseini. Krisis ekonomi negara itu juga mempersulit para penggemar Iran untuk membayar perjalanan itu, tambahnya.

Terlepas dari masalah yang membayangi, beberapa orang percaya bahwa Piala Dunia masih dapat menawarkan pelarian dari kenyataan pahit, rasa kebersamaan dan kegembiraan kolektif, meskipun hanya sesaat.

“Ini perasaan yang luar biasa,” kata Dayan, seorang penggemar berusia 38 tahun dari Iran utara yang pergi ke Qatar. Dia hanya memberikan nama depannya, takut akan pembalasan karena berbicara dengan seorang jurnalis asing. “Kami, sebagai orang Iran, dapat menjadi bagian dari perayaan tanpa ada jarak ke dunia luar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home