Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:46 WIB | Selasa, 07 Oktober 2014

Demonstran Hong Kong Sepakat Berunding dengan Pemerintah

Jumlah pengunjuk rasa jauh berkurang sejak akhir pekan lalu, namun beberapa orang masih menduduki jalan-jalan dekat kantor pemerintahan pada Senin (6/10) malam. (Foto: bbc.com)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM – Perwakilan demonstran prodemokrasi Hong Kong  telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan resmi dengan pemerintah. Sayangnya, belum ada ketetapan tanggal untuk pembicaraan resmi tersebut. Pemerintah akan menggelar pembicaraan resmi jika para demonstran menghentikan aksinya memboikot jalan-jalan utama.

John Sudworth, wartawan BBC di Hong Kong mengatakan meskipun jumlah pengunjuk rasa telah jauh berkurang sejak akhir pekan, namun beberapa orang masih menduduki jalan-jalan dekat kantor pemerintahan pada Senin (6/10) malam. Sementara itu, Juliana Liu wartawan BBC juga mengatakan bahwa pengunjuk rasa tampaknya mulai kelelahan.

Sementara itu, pegawai pemerintahan mulai kembali bekerja kemarin.

Tak Khawatir Kekurangan Massa

Alex Chow, perwakilan Mahasiswa Federasi Hong Kong mengatakan kepada wartawan bahwa ia tidak khawatir jumlah massa akan berkurang.

“Orang-orang perlu istirahat, tetapi mereka akan keluar (demo) lagi. Ini tidak berarti gerakan berkurang. Banyak orang masih mendukungnya,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Hong Kong CY Leung telah meminta para demonstran untuk mengakhiri demonstrasi dan memperingatkan bahwa polisi memiliki tanggung jawab untuk mengambil tindakan yang diperlukan. Leung mengatakan bahwa pegawai pemerintahan harus kembali bekerja dan anak-anak harus pergi ke sekolah.

Pihak kepolisian mengatakan pada Senin (6/10) bahwa setidaknya 37 orang telah ditangkap di Mong Kok, sedangkan lima orang lainnya telah ditangkap karena diduga memblokir laman milik pemerintah. (bbc.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home