Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 16:21 WIB | Senin, 23 Oktober 2023

Demonstrasi di Berbagai Kota Dunia Menyerukan Dihentikannya Perang Israel-Hamas

Demonstran mengangkat bendera dan plakat selama demonstrasi pro Palestina di London, Inggri, hari Sabtu (21/10). (Foto: AP/David Cliff)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Puluhan ribu demonstran pro Palestina berbaris melalui hujan lebat di London pada hari Sabtu (21/10) untuk menyerukan Israel menghentikan pemboman terhadap Gaza, dan seruan serupa terdengar di kota-kota di seluruh dunia ketika perang Israel-Hamas memasuki pekan ketiga.

Pada hari bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza, di mana lebih dari satu juta orang meninggalkan rumah mereka karena konflik tersebut, para pengunjuk rasa berkumpul di Marble Arch dekat Hyde Park London sebelum berbaris ke distrik pemerintah, Whitehall.

Polisi memperkirakan massa yang melintasi kota selama tiga jam “hingga 100.000.”

Mereka mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan “Hentikan pemboman Gaza,” para peserta menyerukan diakhirinya blokade Israel dan serangan udara yang dilancarkan setelah serangan brutal kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza ke Israel selatan.

Pihak berwenang di Gaza mengatakan lebih dari 4.300 orang telah tewas di wilayah tersebut sejak perang terakhir dimulai. Lebih dari 1.400 orang telah terbunuh di Israel, sebagian besar warga sipil terbunuh dalam serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober.

Israel terus membombardir sasaran di Gaza pada hari Sabtu (21/10) menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan. Bantuan kecil datang ketika 20 truk yang membawa bantuan kemanusiaan diizinkan memasuki Gaza melalui perbatasan selatan Rafah dengan Mesir.

Perang ini telah meningkatkan ketegangan di seluruh dunia, dan komunitas Yahudi dan Muslim merasa terancam. Kepolisian Transportasi Inggris mengatakan pihaknya sedang menyelidiki setelah rekaman video yang diposting online menunjukkan seorang pengemudi Kereta Bawah Tanah London memimpin penumpang sambil meneriakkan “Bebaskan Palestina” melalui interkom kereta bawah tanah.

Pihak berwenang Inggris mendesak para demonstran untuk mewaspadai penderitaan dan kecemasan yang dirasakan komunitas Yahudi. Kepolisian Metropolitan London mengatakan terdapat peningkatan 13 kali lipat dalam laporan pelanggaran antisemit pada bulan Oktober dibandingkan tahun lalu. Laporan kejahatan anti Muslim meningkat lebih dari dua kali lipat.

Polisi mengatakan terdapat “kantong-kantong kekacauan dan beberapa contoh ujaran kebencian” selama protes atas perang tersebut, namun “sebagian besar aktivitas protes tersebut sah dan berlangsung tanpa insiden.”

Ratusan pengunjuk rasa pro Palestina juga berkumpul di Belfast dan di kota terbesar kedua di Irlandia Utara, Londonderry, di mana pembicaranya termasuk anggota parlemen Colum Eastwood dari Partai Sosial Demokrat dan Partai Buruh nasionalis Irlandia.

“Pembunuhan anak-anak adalah salah,” katanya kepada massa, sambil menyerukan gencatan senjata segera dalam konflik tersebut. “Saya tidak tahu betapa sulitnya mengucapkan hal ini kepada beberapa pemimpin dunia. Tidak peduli apakah mereka anak-anak Israel atau anak-anak Palestina.”

Di seberang perbatasan Republik Irlandia, ribuan orang berbaris melalui ibu kota, Dublin, menyerukan diakhirinya pemboman Israel.

Di Prancis, demonstran pro Palestina berkumpul di beberapa kota termasuk Rennes, Montpellier, Dijon dan Lyon, di mana ribuan orang terlihat meneriakkan “kita semua adalah orang Palestina” di alun-alun pusat.

Di Marseille, kota terbesar kedua di negara itu, beberapa orang turun ke jalan, mengibarkan bendera Palestina dan meneriakkan “Bebaskan Gaza,” meskipun protes tersebut dilarang oleh polisi setempat.

Pertemuan pro Palestina yang dijadwalkan pada hari Minggu (22/10) di Paris telah diizinkan oleh polisi.

Polisi Jerman mengatakan hampir 7.000 orang mengambil bagian dalam demonstrasi damai pro Palestina di Düsseldorf pada hari Sabtu. Para demonstran membawa bendera atau spanduk Palestina yang menyerukan diakhirinya “kekerasan dan agresi di Gaza.”

Polisi di Berlin melarang demonstrasi pro Palestina yang dijadwalkan pada hari Minggu di pusat kota, kantor berita Jerman dpa melaporkan. Polisi di ibu kota Jerman telah menghentikan beberapa acara serupa dalam beberapa pekan terakhir, dengan alasan potensi kekerasan dan ujaran kebencian antisemit. Beberapa demonstran pro Palestina pernah melakukan hal tersebut tetap turun ke jalan, mengakibatkan bentrokan dengan polisi.

Pihak berwenang mengizinkan demonstrasi pro Israel yang dijadwalkan pada hari Minggu yang diperkirakan akan menarik ribuan orang di pusat Berlin.

Di tempat lain, beberapa ratus orang berbaris melalui Roma pada hari Sabtu, beberapa memegang poster bertuliskan “Palestina, Roma bersamamu,” dan “Tidak ada perdamaian sampai kita mendapatkan kebebasan.”

“Israel melakukan kejahatan perang di sana, kejahatan terhadap kemanusiaan di sana, dan komunitas internasional tidak pernah bertindak,” kata Maya Issa, presiden Gerakan Mahasiswa Palestina di Italia, yang mengorganisir demonstrasi tersebut.

Puluhan ribu demonstran yang mengibarkan bendera Palestina membanjiri jalan-jalan pusat kota Barcelona untuk menuntut diakhirinya serangan udara Israel.

Di Kosovo yang mayoritas penduduknya Muslim, beberapa ratus orang berjalan dari masjid ke alun-alun Zahir Pajaziti di Pristina setelah salat siang untuk menyatakan dukungan bagi warga Palestina.

Di Australia, ribuan orang berbaris melalui pusat kota Sydney pada hari Sabtu, meneriakkan “Malu, malu Israel” dan “Palestina tidak akan pernah mati.”

Perang tersebut memicu protes di seluruh dunia Arab dan sekitarnya pada hari Jumat, termasuk di Tepi Barat yang diduduki, di mana warga Palestina membakar ban dan melemparkan batu ke pos pemeriksaan militer Israel. Pasukan keamanan Israel membalas dengan menembakkan gas air mata dan peluru tajam.

Massa berkumpul di negara tetangga Israel di utara, Lebanon; di Irak di perbatasan negara dengan Yordania; di Yordania sendiri; di kota-kota besar dan kecil di seluruh Mesir; di ibu kota Turki, Ankara, dan kota terpadatnya, Istanbul; dan di Indonesia, Malaysia, Maroko, dan Afrika Selatan.

Di New York, ratusan pengunjuk rasa dari kelompok Muslim, Yahudi dan lainnya berbaris ke kantor Senator AS Kristen Gillibrand di Manhattan, banyak di antara mereka yang meneriakkan “gencatan senjata sekarang.” Polisi kemudian menangkap puluhan pengunjuk rasa yang memblokir Third Avenue di luar kantor Gillibrand dengan duduk di jalan.

Ribuan pengunjuk rasa juga turun ke jalan di pusat kota Los Angeles menuntut gencatan senjata segera.

Demonstrasi dan aksi pro Israel juga telah diadakan di seluruh dunia, sebagian besar berfokus pada pengamanan kembalinya sandera yang ditangkap oleh Hamas.

Komunitas Yahudi Roma pada hari Jumat mengenang lebih dari 200 orang yang diyakini ditahan oleh Hamas dengan menyiapkan meja Sabat panjang untuk mereka di luar sinagoga utama ibu kota dan kursi kosong untuk setiap sandera.

Di belakang setiap kursi terdapat brosur yang memuat nama, umur dan foto setiap orang hilang. Di atas meja ada lilin, anggur, dan roti challah, roti jalinan yang biasanya disantap saat makan malam Jumat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home