Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:45 WIB | Senin, 15 Januari 2024

Denmark Menyaksikan Penobatan Raja Baru, Frederik X

Ratu Margerehe, Putra Mahkota Frederik dan putri Mary pada hari Sabtu, 3 Januari 2024, ketika menerima kunjungan diplomatic pada tahun baru. (Foto: dok. Ida Marie Odgaard/Ritzau Scanpix via AP)

KOPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Ribuan orang berkumpul di pusat kota Kopenhagen pada hari Minggu (14/1)  untuk menyaksikan momen bersejarah di salah satu monarki tertua di dunia.

Sekitar jam 14:00 siang, Ratu Margrethe II menandatangani pengunduran dirinya dan sekitar satu jam kemudian putra sulungnya diproklamasikan sebagai Raja Frederik X di balkon Istana Christiansborg di jantung ibu kota Denmark.

Margrethe, 83 tahun, akan menjadi raja Denmark pertama yang secara sukarela melepaskan tahtanya dalam hampir 900 tahun.

Dia akan secara resmi menandatangani pengunduran dirinya di dewan negara, pertemuan dengan Kabinet Denmark, yang secara otomatis menjadikan putra mahkota, Frederik yang berusia 55 tahun, menjadi raja baru Denmark.

Mengutip masalah kesehatan, Margrethe mengumumkan pada Malam Tahun Baru bahwa dia akan mengundurkan diri, hal ini mengejutkan negara yang mengharapkan dia untuk menjalani hari-harinya di atas takhta, seperti tradisi di monarki Denmark.

Margrethe menjalani operasi punggung besar pada Februari lalu dan baru kembali bekerja pada bulan April.

Bahkan Perdana Menteri Mette Frederiksen tidak menyadari niat ratu sampai sebelum pengumuman tersebut. Margrethe baru memberi tahu Frederik dan adik laki-lakinya Joachim tiga hari sebelumnya, tulis surat kabar Berlingske, mengutip istana kerajaan.

“Ratu telah berada di sini dan dia telah bertahta selama lebih dari 50 tahun. Dan dia adalah sosok yang sangat dihormati dan populer, jadi orang-orang tidak menduga hal ini dan mereka terkejut,” kata pakar kerajaan Denmark, Thomas Larsen.

Terakhir kali seorang raja Denmark mengundurkan diri secara sukarela adalah pada tahun 1146, ketika Raja Erik III mengundurkan diri untuk memasuki sebuah biara. Margrethe turun tahta 52 tahun setelah dia naik takhta setelah kematian ayahnya, Raja Frederik IX.

Monarki Denmark berasal dari raja Viking abad ke-10, Gorm the Old, menjadikannya yang tertua di Eropa dan salah satu yang tertua di dunia. Saat ini tugas keluarga kerajaan sebagian besar bersifat seremonial.

Berbeda dengan di Inggris, tidak ada upacara penobatan di Denmark. Perdana menteri secara resmi mengumumkan Frederik sebagai raja dari balkon Istana Christiansborg, yang menampung kantor-kantor pemerintah, Parlemen dan Mahkamah Agung serta Kandang Kerajaan dan Ruang Resepsi Kerajaan. Ribuan warga Denmark diperkirakan menyaksikan proklamasi tersebut dari alun-alun di bawah.

Pengunduran diri ini akan meninggalkan Denmark dengan dua ratu. Margrethe akan mempertahankan gelarnya sementara istri Frederik yang kelahiran Australia akan menjadi Ratu Mary. Putra tertua Frederik dan Mary, Christian, 18 tahun, akan menjadi putra mahkota dan pewaris takhta.

Raja dan ratu baru meninggalkan Istana Christiansborg dengan kereta kuda dan kembali ke kediaman kerajaan, Amalienborg, tempat Margrethe juga tinggal tetapi di gedung terpisah. Standar kerajaan akan diturunkan di rumah Margrethe dan dinaikkan di gedung tempat tinggal Frederik dan Mary.

Empat senjata di pelabuhan Kopenhagen akan menembakkan tiga kali 27 putaran untuk menandai suksesi. Pada sore hari, taman hiburan Tivoli Gardens di Kopenhagen berencana merayakan raja dan ratu baru dengan pertunjukan kembang api terbesar dalam 180 tahun sejarah taman tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home