Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:50 WIB | Sabtu, 29 April 2023

Depot Minyak Rusia di Krimea Terbakar Akibat Serangan Drone

Foto dari video yang dirilis oleh saluran telegram Gubernur Sevastopol, Mikhail Razvozhaev, pada hari Sabtu, 29 April 2023, seorang petugas pemadam kebakaran berbicara melalui walkie talkie saat asap dan api mengepul dari tangki bahan bakar yang terbakar di Sevastopol, Krimea. Kebakaran besar meletus di sebuah reservoir minyak di sana setelah diserang oleh drone, seorang pejabat yang ditunjuk Rusia melaporkan pada hari Sabtu. (Foto: saluran telegram Gubernur Sevastopol Mikhail Razvozhaev via AP)

KEIV, SATUHARAPAN.COM-Kebakaran besar terjadi di depot minyak di Krimea, Ukraina yang diduduki Rusia, setelah dihantam oleh dua pesawat tak berawak Ukraina, kata seorang pejabat yang ditunjuk Rusia di sana melaporkan hari Sabtu (29/4). Ini serangan yang terbaru dari serangkaian serangan di semenanjung yang dicaplok Rusia,  ketika Ukraina bersiap untuk serangan balik yang diharapkan.

Mikhail Razvozhayev, gubernur Sevastopol yang dilantik Moskow, sebuah kota pelabuhan di Krimea, memposting video dan foto kobaran api di saluran Telegramnya.

Razvozhayev mengatakan kebakaran di pelabuhan kota diberi peringkat tertinggi dalam hal seberapa rumit pemadamannya. Namun, dia melaporkan bahwa kobaran api telah padam.

Razvozhayev mengatakan depot minyak diserang oleh "dua drone musuh", dan empat tangki minyak terbakar. Drone ketiga ditembak jatuh dari langit di atas Krimea, dan satu lagi dinonaktifkan melalui sarana radio-elektronik, menurut gubernur Krimea yang ditunjuk Moskow, Sergei Aksyonov.

Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada tahun 2014, sebuah langkah yang dianggap ilegal oleh sebagian besar dunia. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dalam sebuah wawancara pekan ini bahwa negaranya akan berusaha merebut kembali semenanjung itu dalam serangan balasan yang akan datang.

Insiden itu terjadi sehari setelah Rusia menembakkan lebih dari 20 rudal jelajah dan dua drone ke Ukraina, menewaskan sedikitnya 23 orang. Hampir semua korban tewas ketika dua rudal menghantam sebuah gedung apartemen di kota Uman, yang terletak di Ukraina tengah.

Lima anak termasuk di antara yang tewas, Menteri Dalam Negeri Ukraina, Ihor Klymenko, mengatakan hari Sabtu, menambahkan 22 dari 23 mayat telah diidentifikasi. Seorang perempuan tetap hilang, kata Klymenko.

Pasukan Rusia meluncurkan lebih banyak drone ke Ukraina dalam semalam. Komando Angkatan Udara Ukraina mengatakan dua drone Shahed buatan Iran yang meledak sendiri setelah dicegat, dan sebuah drone pengintai ditembak jatuh pada Sabtu pagi.

Razvozhayev mengatakan kebakaran depot minyak tidak menimbulkan korban jiwa dan tidak akan menghambat pasokan bahan bakar di Sevastopol. Kota ini telah mengalami upaya serangan rutin dengan drone, terutama dalam beberapa pekan terakhir.

Awal pekan ini, Razvozhayev melaporkan bahwa militer Rusia menghancurkan drone laut Ukraina yang berusaha menyerang pelabuhan dan satu lagi meledak, menghancurkan jendela di beberapa gedung apartemen, tetapi tidak menimbulkan kerusakan lainnya.

Juru bicara intelijen militer Ukraina, Andriy Yusov, mengatakan kepada situs berita RBC Ukraina pada hari Sabtu bahwa kebakaran depot minyak adalah "hukuman Tuhan" untuk "warga sipil yang terbunuh di Uman, termasuk lima anak."

Dia mengatakan bahwa lebih dari 10 tank yang berisi produk minyak untuk Armada Laut Hitam Rusia dihancurkan di Sevastopol, tetapi tidak mengakui tanggung jawab Ukraina atas serangan pesawat tak berawak. Perbedaan antara jumlah tank yang diberikan Yusov dan Razvozhayev tidak dapat segera direkonsiliasi.

Setelah serangan sebelumnya di Krimea, Kiev juga tidak akan secara terbuka mengklaim tanggung jawab, namun menekankan bahwa negara tersebut memiliki hak untuk menyerang target apa pun sebagai tanggapan atas agresi Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home