Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:16 WIB | Sabtu, 29 April 2023

Rusia Tembakkan 20 Rudal ke Kiev, 17 Warga Sipil Tewas

Rusia Tembakkan 20 Rudal ke Kiev, 17 Warga Sipil Tewas
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api setelah serangan Rusia di sebuah bangunan perumahan di Uman, Ukraina tengah, Jumat, 28 April 2023. (Foto-foto: AP/Bernat Armangue)
Rusia Tembakkan 20 Rudal ke Kiev, 17 Warga Sipil Tewas
Menyusul serangan Rusia, petugas pertolongan pertama memindahkan puing-puing di sebuah bangunan tempat tinggal di Uman, Ukraina tengah, Jumat, 28 April 2023.

UMAN, SATUHARAPAN.COM-Rusia menembakkan lebih dari 20 rudal jelajah dan dua drone ke Ukraina pada hari Jumat (28/4) pagi, menewaskan sedikitnya 23 orang. Kebanyakan dari mereka tewas ketika dua rudal menghantam sebuah gedung apartemen di tengah negara itu, kata para pejabat. Tiga anak termasuk di antara yang tewas.

Serangan rudal termasuk yang pertama terhadap Kiev, ibu kota Ukraina, dalam hampir dua bulan, meskipun tidak ada laporan mengenai target yang terkena. Pemerintah kota mengatakan angkatan udara Ukraina mencegat 11 rudal jelajah dan dua pesawat udara tak berawak di atas Kiev.

Serangan terhadap bangunan tempat tinggal berlantai sembilan di Ukraina tengah itu terjadi di Uman, sebuah kota yang terletak sekitar 215 kilometer (134 mil) selatan Kiev. Lima belas orang tewas dalam serangan itu, menurut kementerian dalam negeri, termasuk dua anak berusia 10 tahun dan seorang balita.

Korban lainnya adalah seorang perempuan berusia 75 tahun yang tinggal di gedung tetangga dan menderita pendarahan internal akibat gelombang kejut ledakan besar, menurut petugas darurat di tempat kejadian.

Polisi nasional Ukraina mengatakan 17 orang terluka dan tiga anak diselamatkan dari reruntuhan. Sembilan dirawat di rumah sakit.

Pengeboman itu tidak berada di dekat garis depan perang yang luas atau zona pertempuran aktif di Ukraina timur, di mana pertempuran langsung telah terjadi. Moskow telah sering meluncurkan serangan rudal jarak jauh selama perang 14 bulan, yang sering menyerang wilayah sipil tanpa pandang bulu.

Pejabat dan analis Ukraina menuduh serangan itu adalah bagian dari strategi intimidasi yang disengaja oleh Kremlin. Pejabat Rusia bersikeras bahwa mereka hanya menargetkan fasilitas militer Ukraina. Ketika gambar bangunan tempat tinggal yang rusak muncul, mereka umumnya mengklaim bahwa itu disebabkan oleh pertahanan udara Ukraina.

Orang-orang yang selamat dari serangan Uman menceritakan saat-saat menakutkan ketika misil menghantam saat masih gelap di luar.

Halyna, seorang penghuni gedung, mengatakan dia dan suaminya menangis melihat akibat ledakan itu. Mereka melihat api di luar jendela mereka dan bergegas keluar, tetapi pertama-tama Halyna memeriksa apakah temannya di apartemen tetangga baik-baik saja.

“Saya menelepon, meneleponnya (di telepon), tetapi dia tidak mengangkatnya. Saya bahkan membunyikan bel pintu, tapi tetap tidak ada jawaban,” katanya kepada The Associated Press. Dia menggunakan kunci cadangan dari apartemen temannya dan masuk ke dalam untuk memeriksanya. Dia menemukannya terbaring mati di lantai apartemennya. Halyna menolak memberikan nama belakangnya karena masalah keamanan.

Yulia Norovkova, juru bicara kru penyelamat darurat di tempat kejadian, mengatakan bahwa relawan lokal membantu hampir 150 personel darurat. Dua stasiun bantuan, termasuk psikolog, beroperasi, katanya.

Seorang perempuan berusia 31 tahun dan putrinya yang berusia dua tahun juga tewas di kota timur Dnipro dalam serangan lain, kata Gubernur Serhii Lysak. Empat orang juga terluka, dan rumah pribadi serta bisnis rusak.

Serangan itu terjadi beberapa hari setelah Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa dia dan pemimpin China Xi Jinping mengadakan pembicaraan telepon yang "panjang dan bermakna" di mana Xi mengatakan pemerintahnya akan mengirim utusan perdamaian ke Ukraina dan negara lain.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan bahwa pemboman hari Jumat menunjukkan Kremlin tidak tertarik dengan kesepakatan damai.

“Serangan rudal yang membunuh warga Ukraina yang tidak bersalah saat tidur, termasuk seorang anak berusia dua tahun, adalah tanggapan Rusia terhadap semua inisiatif perdamaian,” cuitnya. “Cara menuju perdamaian adalah dengan mengusir Rusia dari Ukraina.”

Presiden Ceko, Petr Pavel, dalam kunjungan ke Ukraina, tidak yakin dengan penyangkalan Kremlin di masa lalu atas pertumpahan darah tersebut.

“Jumlah serangan terhadap sasaran sipil mengarah pada satu-satunya kesimpulan bahwa itu disengaja,” kata Pavel kepada media Ceko. “Ini adalah rencana yang jelas dimaksudkan untuk menimbulkan kekacauan, kengerian di antara penduduk sipil.”

Tak lama setelah Moskow melancarkan serangan, Kementerian Pertahanan Rusia memposting foto di Telegram yang menunjukkan peluncuran rudal dan mengatakan, "Tepat sasaran."

Pesan tersebut memicu kemarahan di kalangan warga Ukraina di media sosial dan beberapa pejabat, yang memandangnya sebagai kebanggaan atas jatuhnya korban.

"Kementerian Pembunuhan Federasi Rusia senang karena roket menghantam bangunan tempat tinggal dan menewaskan warga sipil,” kata Andriy Yermak, kepala kantor kepresidenan Ukraina.

Di Kiev, pecahan rudal atau drone yang dicegat merusak kabel listrik dan jalan di satu lingkungan. Tidak ada korban yang dilaporkan.

Pejabat Ukraina mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menerima kiriman rudal Patriot buatan Amerika, memberi Keiv perisai baru yang telah lama dicari untuk melawan serangan udara Rusia, tetapi tidak ada kabar apakah sistem itu digunakan pada hari Jumat.

Sistem anti pesawat kota diaktifkan, menurut Administrasi Kota Kiev. Sirene serangan udara dimulai sekitar pukul 04:00 pagi, dan peringatan berakhir sekitar dua jam kemudian.

Serangan rudal itu adalah yang pertama di ibu kota sejak 9 Maret. Pertahanan udara telah menggagalkan serangan pesawat tak berawak Rusia baru-baru ini. Rudal-rudal itu ditembakkan dari pesawat yang beroperasi di wilayah Laut Kaspia, menurut Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina Valerii Zaluzhnyi.

Secara keseluruhan, katanya, Ukraina mencegat 21 dari 23 rudal jelajah tipe Kh-101 dan Kh-555 yang diluncurkan, serta dua drone. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home