Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:31 WIB | Jumat, 28 April 2023

Rusia Klaim Kuasai Empat Blok di Kota Bakhmut, Ukraina

Seorang pria berdiri di luar rumah yang terbakar setelah penembakan di kota Chasiv Yar, dekat Bakhmut, pada 21 Maret 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: dok.AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada hari Kamis (27/4) bahwa pasukannya telah mengambil empat blok di Bakhmut barat laut, barat dan barat daya, kantor berita milik negara Rusia RIA melaporkan.

Reuters tidak dapat mengkonfirmasi klaim tersebut secara independen. Pasukan Rusia telah berjuang selama berbulan-bulan untuk merebut kota di Ukraina timur.

Sementara itu, Kepala kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya menghentikan tembakan artileri di Bakhmut untuk memungkinkan pasukan Ukraina di sisi lain garis depan dengan aman menunjukkan kota itu kepada wartawan Amerika Serikat yang berkunjung.

Wagner telah mempelopori serangan Rusia di Bakhmut sejak musim panas lalu dalam pertempuran perang terpanjang dan paling berdarah, tetapi pasukan Ukraina sejauh ini telah menggagalkan upayanya untuk mengambil kendali penuh atas kota tersebut.

Yevgeny Prigozhin, pendiri Wagner, mengatakan dalam pesan audio yang diterbitkan oleh layanan persnya: “Keputusan telah diambil untuk menangguhkan tembakan artileri sehingga jurnalis Amerika dapat dengan aman memfilmkan Bakhmut dan pulang.”

Prigozhin dalam pesan yang sama memperingatkan pihak Ukraina untuk tidak mencoba membawa pasukan tambahan untuk menutupi kunjungan jurnalis.

Reuters tidak dapat segera memverifikasi secara independen apakah Wagner telah menangguhkan tembakan artileri atau tidak.

Sehari sebelumnya, Prigozhin mengecam kementerian pertahanan karena tidak mengirimkan pengiriman amunisi yang sangat dibutuhkan kepada para pejuangnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home