Loading...
SAINS
Penulis: Francisca Christy Rosana 15:31 WIB | Rabu, 15 April 2015

Di DKI, SMK Lebih Siap UN CBT daripada SMA

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat bersama Kepala Dinas Pendidikan Arie Budiman dan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana saat melakukan peninjauan UN di SMK 10 Jakarta, Cawang, Jakarta Timur. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budiman menyatakan tahun ini SMK di DKI lebih siap melaksanakan ujian nasional (UN) dengan sistem Computer Based Test (CBT) dibandingkan SMA.

“Di Jakarta Timur saja yang berbasis CBT ada tiga sekolah SMK. Kalau SMA kan hanya tiga sekolah se-DKI. Pertimbangan SMK lebih banyak karena SMK lebih siap siswanya, kemudian juga fasilitasnya, hardware, software, kemudian jaringannya, operatornya, itu saja. Rasionya juga 1:3 komputer antara peserta ujian dengan personal computer (pc)-nya,” ujar Arie saat ditemui di SMK 10 Jakarta, Cawang, Jakarta Timur (15/4) sore.

Namun, Arie berharap 2016 mendatang SMA-SMA di DKI melancarkan UN dengan sistem berbasis komputer demi efisiensi biaya, waktu pengoreksian, dan keakuratan.

Sementara itu Kasudin Pendidikan Jakarta Timur Didi S mengaku tidak punya target berapa sekolah yang akan menjalankan sistem UN CBT di tahun medatang.Namun, sesuai arahan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat maupun arahan Kepala Dinas Pendidikan,  Jakarta Timur akan memaksimalkan jumlah sekolah penyelenggara UN CBT sepanjang sekolah itu sudah siap.

“Kualifikasi kesiapannya salah satunya terkait dengan perangkat komputer yang dimiliki oleh sekolah. Ada syarat-syarat minimum yang harus mereka miliki. Sekarang kan baru pilot project, kalau kita mau mengukur kualitas nanti setelah ini,” kata Didi.

Ujian berbasis komputer atau CBT telah berlangsung tiga hari. DKI pun dijadikan model pelaksanaan UN dengan sistem tersebut. Arie sebagai Kadisdik mengaku ini adalah rintisan yang baik dari kemendikbud.

“Mudah-mudahan ke depan bisa lebih efisien dengan sistem ini. Kemudian lebih mendorong anak-anak ini literasinya ke IT lebih tinggi. Dan tentu saja kami akan menunggu hasil evaluasinya, tapi berdasarkan pengarahan Gubernur, Gubernur juga sangat mendukung untuk CBT sehingga untuk DKI Jakarta nanti diharapkan secara bertahap akan melaksanakan UN CBT,” ujar Arie kepada satuharapan.com

Kepala Dinas Pendidikan bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Jakarta Timur pagi ini melakukan peninjauan UN di dua sekolah, yakni di SMA 14 Jakarta dan di SMK 10 Jakarta. Siswa-siswi di sekolah tersebut menyambut baik kedatangan pejabat pemerintahan itu. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home