Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:55 WIB | Jumat, 13 November 2015

Di KTT G-20, Obama akan Bahas Penanggulangan ISIS

Ilustrasi :Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. (Foto: cnn.com).

WASHINGTON D.C, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan bertemu para pemimpin Jerman, Inggris, Italia dan Perancis di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G 20 pekan depan di Turki dengan harapan membuat kemajuan dalam memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“AS yang bermitra  koalisi utama dengan Uni Eropa berkesempatan untuk membahas secara mendalam strategi menangkal ISIS,” kata Susan Rice, penasihat keamanan nasional di Gedung Putih, Washington D.C, kepada wartawan saat konferensi pers harian, Kamis (12/11).

"Tapi saya tidak berpikir siapa pun mengharapkan hasil tunggal yang  mudah untuk menyelesaikan semua isu-isu sulit," kata Rice.

"Kami melihat diskusi G-20 sebagai kesempatan yang berguna untuk para pemimpin kunci untuk menyentuh dasar dan mencoba untuk memberi perhatian lebih pada isu ini,” kata Rice.

 Rice mengatakan  Obama tidak memiliki rencana untuk mengadakan pertemuan resmi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang juga akan menghadiri KTT G20.

“Namun, kedua pemimpin akan memiliki  kesempatan yang luas untuk diskusi langsung di sela-sela KTT (Konferensi Tingkat Tinggi, Red),” ia menambahkan.

Amerika Serikat dan Rusia saat ini memimpin kampanye pengeboman paralel terhadap  target-target penting ISIS di Suriah.

Pemimpin dari 20 negara utama dunia (G20) akan berkumpul di kota pantai barat daya Turki Antalya pada hari Minggu (15/11) dan Senin (16/11) untuk pertemuan puncak ke-10 mereka. Obama akan berangkat ke Turki pada Sabtu (14/11)untuk perjalanan ke Turki, selanjutnya orang nomor satu di AS tersebut akan menuju Malaysia dan Filipina. (xinhuanet.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home