Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:17 WIB | Kamis, 11 Mei 2023

Diduga Sebuah Logam Meteorit Jatuh di New Jersey, AS

Foto dari Departemen Kepolisian Kotapraja Hopewell ini menunjukkan benda logam yang diyakini sebagai meteorit yang menghantam atap sebuah tempat tinggal di Kotapraja Hopewell, New Jersey pada hari Senin, 8 Mei 2023 dan akhirnya jatuh di lantai. Diperkirakan beratnya sekitar empat pon. (Departemen Kepolisian Kotapraja Hopewell via AP)

NEW JERSEY, SATUHARAPAN.COM-Sebuah benda logam yang diyakini sebagai meteorit melubangi atap sebuah rumah di pusat New Jersey, Amerika Serikat, pekan ini, menabrak lantai kayu keras dan memantul di sekitar kamar tidur.

Keluarga pemilik rumah menemukan batu hitam seukuran kentang di salah satu sudut, dan masih hangat.

Tidak ada yang terluka dan tidak ada kerusakan serius pada tempat tinggal tersebut, kata polisi di Hopewell Township, sebelah utara ibu kota negara bagian Trenton. Benda itu berukuran sekitar 4 kali 6 inci (10 kali 15 sentimeter) dan beratnya sekitar empat pon (1,8 kilogram), kata polisi.

Suzy Kop, yang keluarganya memiliki rumah tersebut, mengatakan mereka awalnya mengira seseorang telah melempar batu ke kamar tidur lantai atas pada hari Senin (8/5), tetapi segera menyadari bahwa bukan itu masalahnya. Keluarga berencana untuk bertemu dengan ahli astrofisika yang akan meneliti lebih lanjut objek tersebut.

"Kami berpikir itu adalah meteorit, datang ke sini, menabrak lantai di sini karena benar-benar rusak, memantul ke bagian langit-langit ini dan akhirnya jatuh ke lantai di sana," kata Kop kepada KYW-TV di Philadelphia. "Saya menyentuh benda itu karena mengira itu adalah batu acak, saya tidak tahu, dan itu hangat."

Kop mengatakan pejabat hazmat menanggapi rumah mereka untuk memeriksanya bersama keluarganya, seandainya mereka terpapar beberapa jenis bahan radioaktif, tetapi pemeriksaan itu semuanya negatif. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home