Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:50 WIB | Rabu, 12 April 2023

NASA Luncurkan Fasilitas Baru Simulasi Planet Mars

Logo NASA terlihat di Kennedy Space Center menjelang peluncuran misi kru komersial NASA/SpaceX ke Stasiun Luar Angkasa Internasional di Cape Canaveral, Florida, AS, 16 April 2021. (Foto: dok. Reuters)

TEXAS, SATUHARAPAN.COM-NASA pada hari Selasa (11/4) meluncurkan habitat simulasi Mars barunya, di mana para sukarelawan akan hidup selama satu tahun sekaligus untuk menguji seperti apa kehidupan pada misi masa depan ke tetangga Bumi. Fasilitas itu termasuk empat ruangan kecil, pusat kebugaran, dan banyak pasir merah.

Fasilitas tersebut, dibuat untuk tiga percobaan terencana yang disebut Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA), terletak di pangkalan penelitian besar badan antariksa AS di Houston, Texas.

Empat sukarelawan akan memulai uji coba pertama musim panas ini, di mana NASA berencana untuk memantau kesehatan fisik dan mental mereka untuk lebih memahami ketabahan manusia dalam isolasi yang begitu lama.

Dengan data itu, NASA akan lebih memahami "penggunaan sumber daya" astronot di Mars, kata Grace Douglas, peneliti utama pada eksperimen CHAPEA.

“Kami benar-benar dapat mulai memahami bagaimana kami mendukung mereka dengan apa yang kami berikan kepada mereka, dan itu akan menjadi informasi yang sangat penting untuk membuat keputusan sumber daya yang kritis tersebut,” katanya dalam tur pers di habitat tersebut.

Misi yang begitu jauh datang dengan “batasan massa yang sangat ketat,” tambahnya.

Para relawan akan tinggal di dalam rumah seluas 1.700 kaki persegi (160 meter persegi), yang dijuluki "Mars Dune Alpha", yang mencakup dua kamar mandi, pertanian vertikal untuk menanam salad, sebuah ruangan yang didedikasikan untuk perawatan medis, area untuk bersantai, dan beberapa workstation.

Airlock mengarah ke rekonstruksi "luar ruangan" dari lingkungan Mars, meskipun masih terletak di dalam hanggar.

Beberapa peralatan yang kemungkinan akan digunakan astronot tersebar di sekitar lantai yang tertutup pasir merah, termasuk stasiun cuaca, mesin pembuat batu bata, dan rumah kaca kecil.

Ada juga treadmill di mana astronot akan berjalan digantung dengan tali untuk mensimulasikan gravitasi planet merah yang lebih rendah.

"Kami benar-benar tidak dapat membuat mereka hanya berputar-putar selama enam jam," canda Suzanne Bell, kepala Laboratorium Kesehatan dan Kinerja Perilaku NASA.

Empat relawan akan menggunakan treadmill untuk mensimulasikan perjalanan jauh ke luar untuk mengumpulkan sampel, mengumpulkan data atau membangun infrastruktur, katanya.

Anggota tim eksperimen pertama belum disebutkan namanya, tetapi agensi tersebut menyatakan bahwa seleksi "akan mengikuti kriteria standar NASA untuk pelamar calon astronot," dengan penekanan besar pada latar belakang sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Para peneliti akan secara teratur menguji respons kru terhadap situasi stres, seperti membatasi ketersediaan air atau kegagalan peralatan.

Habitat memiliki fitur khusus lainnya: dicetak 3D. “Itu adalah salah satu teknologi yang dilihat NASA sebagai potensi untuk membangun habitat di permukaan planet atau bulan lain,” kata Douglas.

NASA sedang dalam tahap awal persiapan untuk misi ke Mars, meskipun sebagian besar fokus badan tersebut adalah pada misi Artemis yang akan datang, yang bertujuan untuk mengembalikan manusia ke Bulan untuk pertama kalinya dalam setengah abad. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home