Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:58 WIB | Senin, 17 Januari 2022

Diduga Serangan Drone ke Abu Dhabi, Milisi Houthi Mengaku Bertanggung Jawab

Sebuah helikopter terbang di atas cakrawala pusat kota, di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), seperti yang terlihat dari rumah sakit Klinik Cleveland di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 20 April 2020. (Foto: dok. Reuters/Christopher Pike)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Kemungkinan serangan pesawat tak berawak telah memicu ledakan yang menghantam tiga kapal tanker minyak di Abu Dhabi dan kebakaran lain di Bandara Internasional Abu Dhabi pada hari Senin (17/1) yang menewaskan tiga orang dan melukai enam, kata polisi.

Polisi Abu Dhabi mengidentifikasi korban tewas sebagai dua warga negara India dan satu warga Pakistan. Namun tidak mengidentifikasi mereka yang terluka, yang menurut polisi menderita luka ringan atau sedang. Polisi mengatakan penyelidikan sedang dilakukan.

Sementara polisi Abu Dhabi tidak segera menyebut tersangka atas kemungkinan serangan itu, pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menargetkan Uni Emirat Arab (UEA), tanpa menjelaskan lebih lanjut. Houthi yang didukung Iran telah mengklaim beberapa serangan yang kemudian dibantah oleh pejabat Emirat.

Insiden itu terjadi ketika perang di Yaman selama bertahun-tahun berkecamuk dan ketika sebuah kapal berbendera Emirat baru-baru ini ditangkap oleh Houthi. Itu karena Abu Dhabi sebagian besar telah menarik pasukan nasionalnya dari konflik yang mencabik-cabik negara termiskin di dunia Arab sambil tetap mendukung milisi lokal di sana.

Polisi Abu Dhabi mengatakan penyelidikan awal menunjukkan deteksi benda terbang kecil, mungkin milik pesawat tak berawak, yang jatuh di dua daerah dan mungkin telah menyebabkan ledakan dan kebakaran. Mereka mengatakan tidak ada kerusakan signifikan dari insiden tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Polisi menggambarkan kebakaran bandara sebagai "kecil" dan mengatakan itu terjadi di perpanjangan bandara internasional yang masih dalam pembangunan. Selama bertahun-tahun, bandara tempat Etihad Airways telah membangun Terminal Midfield barunya, tetapi tidak jelas apakah di sanalah kebakaran terjadi.

Polisi mengatakan ledakan lainnya menghantam tiga kapal tanker pengangkut minyak di dekat fasilitas penyimpanan Abu Dhabi National Oil Co di daerah Musaffah. Lingkungan, 22 kilometer dari pusat kota Abu Dhabi, juga memiliki jaringan pipa minyak dan 36 tangki penyimpanan, dari mana truk pengangkut membawa bahan bakar secara nasional.

Pada hari Senin, juru bicara militer Houthi Yahia Sarei mengatakan kelompok itu melancarkan serangan jauh di UEA. Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, mengatakan sebuah pernyataan akan segera dirilis.

Lokasi fasilitas penyimpanan ADNOC di mana tanker terbakar adalah sekitar 1.800 kilometer (1.100 mil) timur laut Saada, kubu Houthi di Yaman.

UEA telah berperang di Yaman sejak awal 2015, dan merupakan anggota kunci dari koalisi pimpinan Arab Saudi yang melancarkan serangan terhadap Houthi yang didukung Iran setelah kelompok itu menguasai ibu kota Yaman dan menggulingkan pemerintah yang didukung internasional dari kekuasaan.  (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home