Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 18:10 WIB | Rabu, 20 Juli 2016

Dilarang Main Pokemon di Kantor Presiden

Dilarang Main Pokemon di Kantor Presiden
Pengunjung mencoba permainan "Pokemon Go" di halaman Istana Negara, Jakarta, hari Rabu (20/7). Pihak istana melarang semua pihak bermain "Pokemon Go" di lingkungan istana, karena merupakan tempat kerja Presiden, alasan keamanan serta menurunnya produktivitas saat bekerja. (Foto-foto: Antara)
Dilarang Main Pokemon di Kantor Presiden
Seorang pria bermain game "Pokemon Go" dengan telepon pintarnya di area Polres Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (15/7). Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengatakan saat ini pihaknya tengah mengkaji keamanan permainan virtual Pokemon Go yang belakangan menjadi fenomena di tengah masyarakat.
Dilarang Main Pokemon di Kantor Presiden
Anak-anak mencari pokemon saat memainkan game Pokemon Go berbasis realitas (augmented reality AR) melalui 'smartphone' di kawasan, Senayan, Jakarta, Jumat (15/7). Meski belum resmi diluncurkan di Indonesia permainan tersebut sudah banyak diminati oleh masyarakat Ibu Kota.
Dilarang Main Pokemon di Kantor Presiden
Puluhan orang berkumpul untuk bermain Pokemon GO di depan Opera House Sydney pada 15 Juli 2016. Aplikasi permainan populer tersebut, yang diangkat berdasarkan permainan Nintendo 1990, menciptakan kehebohan global saat para pemainnya berjalan di dunia luar untuk mencari monster kartun setelah diluncurkan di Australia pekan lalu. (Foto-foto AFP)
Dilarang Main Pokemon di Kantor Presiden
Para gamer bermain Pokemon Go sambil berkeliling di Barcelona pada 14 Juli 2016.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Biro Pers Media dan Informasi Istana Kepresidenan Bey Machmudin mengatakan bermain Pokemon Go di lingkungan Istana dilarang karena bisa mengganggu ketertiban di kawasan itu.

"Ini Kantor Presiden dan bukan tempat bermain. Itu saja alasannya. Jadi kita datang untuk bekerja. Wartawan datang untuk meliput dan bukan bermain," kata Bey di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari Rabu (20/7).

Ia mengatakan setiap orang yang masuk ke lingkungan Istana Kepresidenan telah melalui pemeriksaan karena istana merupakan tempat steril.

Menurut dia, bermain Pokemon membutuhkan pergerakan yang aktif bahkan sudah tidak peduli dengan sekitarnnya sehingga kalau bermain di Istana Kepresidenan maka bisa menimbulkan kecurigaan baik petugas keamanan dalam maupun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Semua yang masuk ke sini mohon tidak main Pokemon," katanya.

Untuk itu, sejumlah titik di Istana Kepresidenan, Jakarta saat ini ditempel tulisan berisi larangan main Pokemon. Bunyi tulisan itu adalah "Dilarang Bermain Atau Mencari Pokemon di Lingkungan Istana".

Demikian pula di lingkungan kepolisian, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengeluarkan surat perintah larangan bermain game Pokemon Go bagi anggota kepolisian yang sedang bertugas karena dikhawatirkan mengganggu kinerja.

"Iya dikhawatirkan akan mengganggu kinerja pelayanan Polri kepada masyarakat," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar dalam pesan singkat.

Dalam Surat Telegram nomor STR/533/VII/2016 tertanggal 19 Juli 2016 menyebutkan adanya dampak negatif terkait maraknya game Pokemon Go diantaranya berkurangnya kewaspadaan saat bermain Pokemon Go karena pemain harus berkonsentrasi menatap layar ponsel sehingga sulit berkonsentrasi ketika sedang bekerja.

Selain itu, permainan berbasis GPS ini mengharuskan pemain mengaktifkan geolokasi sehingga dikhawatirkan berbahaya bila lokasi permainan berada di lingkungan Polri.

"Karena akan terekam dan bila informasi itu jatuh ke orang yang tidak bertanggung jawab, bisa disalahgunakan," katanya.

Permainan Pokemen Go saat ini sedang digemari publik karena bisa diunduh gratis. Permainan ini menghadirkan perpaduan antara dunia animasi dan dunia nyata. 

Monster Pokemon yang biasanya hanya hadir di layar gawai kini dapat terlihat di dunia nyata lewat kamera telepon pintar serta bantuan GPS. Pemain harus aktif bergerak menangkap Pokemon yang berada di lingkungan sekitar tempat bermain. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home