Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:55 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

Diperdebatan Dukungan Etnis Rusia pada Invasi ke Ukraina di Negara Baltik

Di antara warga Estonia, Latvia dan Lituania yang simpati pada Ukraina, etnis Rusia justru menghormati tentara Rusia yang tewas dalam perang.
Orang-orang melihat tank T-72B3 Rusia yang hancur dipasang sebagai simbol perang Rusia di Ukraina untuk menandai peringatan pertama invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, di Freedom Square di Tallinn, Estonia, Rabu, 1 Maret 2023. (Foto: AP/Pavel Golovkin)

TALLINN, SATUHARAPAN.COM- Tank-tank Rusia yang terbakar habis disita oleh pasukan Ukraina tahun lalu telah dipajang dalam beberapa hari terakhir di ibu kota tiga negara Baltik, tempat orang-orang Estonia, Latvia, dan Lituania keluar untuk melihatnya dan mengambil foto dalam simpati dengan upaya Ukraina membela tanah air mereka.

Tetapi di antara mereka yang mengunjungi tank-tank itu juga terdapat anggota etnis minoritas Rusia yang cukup besar di negara itu, beberapa di antara mereka meletakkan bunga dan menyalakan lilin untuk menghormati tentara Rusia yang tewas dan menyatakan dukungan pada Moskow.

Isyarat dukungan etnis Rusia untuk pihak Rusia dalam perang telah memicu beberapa argumen, dan setidaknya satu perkelahian terjadi di Vilnius—menggarisbawahi ketegangan yang membara di negara-negara Baltik.

Pada hari Rabu, pendukung dan penentang perang berdebat di depan tank T-72 Rusia yang terbakar habis ditembak oleh pasukan Ukraina di dekat Kiev pada 31 Maret. Tank itu berdiri di Freedom Square di pusat ibu kota Estonia, sebuah ruang yang dihiasi dengan lukisan dan bendera Ukraina dan Estonia dan di mana lagu kebangsaan Ukraina dapat didengar dari Gereja St. John di dekatnya.

Kementerian Pertahanan Estonia pada hari Sabtu menyebut tank itu sebagai “simbol invasi brutal Rusia. Ini juga menunjukkan bahwa agresor dapat dikalahkan. Mari bantu Ukraina mempertahankan kebebasan.”

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengumumkan bahwa tank-tank itu akan dipajang di tiga ibu kota Baltik, dan di Berlin sebagai pameran museum, mengikuti pameran serupa di Polandia dan Republik Ceko tahun lalu.

“Ini adalah pengingat yang kuat bagi kita semua betapa baik dan damainya kita hidup ketika orang meninggal di Ukraina,” kata warga Vilnius Darius Klimka. “Kemarin anak-anak saya di tank, kami menonton berita malam bersama. Mereka terus bertanya kepada saya mengapa dunia masih bertahan dengan agresi Rusia, dan mengapa Putin belum diadili.”

Propaganda Melawan Neo Nazi

Di Estonia, Anatoly Yarkov, seorang veteran tentara Soviet berusia 78 tahun yang muncul untuk melihat tank di Tallinn, mengatakan bahwa dia merasa getir tentang pertempuran Ukraina melawan Rusia dalam perang yang dia katakan berakar pada keruntuhan  Uni Sovyet tahun 1991.

“Tank Rusia terbakar lagi seperti yang terjadi saat perang dengan Nazi,” kata Yarkov. “Rakyat Rusia selalu menentang Nazi, tidak peduli bendera apa yang mereka gunakan. Dan saya sangat menyesal melihat orang-orang Ukraina tidak berada di pihak kita hari ini.”

Pejabat pemerintah Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin, telah mempromosikan narasi palsu bahwa militer Moskow berperang melawan neo Nazi meskipun Ukraina memiliki presiden Yahudi yang kehilangan kerabat dalam Holocaust dan yang mengepalai pemerintahan yang dipilih secara demokratis dan didukung Barat.

Saat beberapa orang Rusia menaruh bunga di tangki di Vilnius, ibu kota Lituania, pemerintah kota meletakkan wadah sampah di sekitarnya dengan tanda bertuliskan "untuk bunga, lilin & nostalgia Soviet".

Satu orang meletakkan mangkuk toilet di dekat tangki sebagai pengingat penjarahan oleh pasukan Rusia.

Polisi Lituania meluncurkan beberapa penyelidikan terkait insiden tersebut, termasuk penyelidikan di mana seorang pria dipukuli karena membuang bunga. Insiden lain dilaporkan pada hari Selasa ketika seorang pria menyemprotnya dengan warna merah.

Tidak Semua Etnis Rusia Berpihak pada Putin

Tapi tidak semua orang etnis Rusia di negara-negara itu memihak Moskow. Marina, seorang warga negara Rusia berusia 60 tahun yang tidak memberikan nama belakangnya karena alasan keamanan pribadi, mengatakan dia mengutuk invasi ke Ukraina dan memuji Ukraina karena melawan.

“Tank Rusia ini bisa meluncur ke kota Narva di Estonia, yang mungkin telah dinyatakan Putin sebagai kota Rusia,” katanya, seraya menambahkan bahwa anak dan cucunya memiliki kewarganegaraan Estonia. “Dan saya sangat memahami bahwa hanya perlawanan heroik dari Ukraina yang menyelamatkan anak-anak saya dari skenario berdarah yang terjadi di Estonia.”

Di Berlin, tank juga menjadi tempat penghormatan. Simpatisan pro Rusia menempatkan mawar merah di tank hancur yang dipajang di depan Kedutaan Besar Rusia. Mawar akhirnya dibuang. Kedutaan Besar Rusia membantah telah mengatur penempatan bunga, tetapi mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik "sikap tulus dari warga Jerman dan rekan kami di Jerman."

Nerijus Maliukevicius, seorang analis di Institut Hubungan Internasional dan Ilmu Politik di Vilnius, mengatakan dia percaya penempatan bunga oleh orang pro Rusia di tank adalah bagian dari taktik Kremlin yang terorganisir, mencatat bahwa gambar mereka telah berakhir di media sosial dan televisi negara.

“Beginilah realitas alternatif Eropa yang mendukung Putin tercipta,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home