Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:04 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

Tabrakan Kereta Api Cepat di Yunani, 46 Orang Tewas

Tim penyelamat beroperasi di lokasi kecelakaan, di mana dua kereta bertabrakan, di dekat kota Larissa, Yunani, 1 Maret 2023. (Foto: Reuters/Giannis Floulis)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM - Tim penyelamat menyisir kereta api yang hangus dan tertekuk untuk mencari lebih banyak korban kecelakaan kereta paling mematikan di Yunani pada hari Kamis (2/3), bencana yang menewaskan sedikitnya 46 orang dan telah menyebabkan kesedihan dan kemarahan nasional.

Kereta penumpang berkecepatan tinggi dengan lebih dari 350 orang di dalamnya menabrak kereta barang di dekat kota Larissa pada hari Selasa (28/2) malam, dan suhu di salah satu gerbong naik menjadi 1.300 Celcius (2.370 F) setelah terbakar.

“Saat yang paling sulit adalah saat ini, di mana alih-alih menyelamatkan nyawa, kami harus memulihkan jenazah,” kata penyelamat berusia 40 tahun, Konstantinos Imanimidis, kepada Reuters di lokasi kecelakaan, 210 kilometer sebelah utara Athena.

"Suhu 1.200 derajat dan lebih di gerbong tidak memungkinkan siapa pun untuk tetap hidup." Banyak penumpang harus menendang melalui jendela untuk menghindari kobaran api. Untuk mengidentifikasi beberapa korban, kerabat harus memberikan sampel DNA di sebuah rumah sakit di Larissa, di mana ketidakpercayaan berubah menjadi kemarahan bagi sebagian orang.

"Beberapa bajingan harus membayar untuk ini," teriak seorang kerabat. Banyak dari korban adalah mahasiswa yang pulang ke rumah setelah liburan panjang akhir pekan dan para pejabat mengatakan jumlah korban tewas diperkirakan akan terus meningkat.

Bangkai kereta itu memicu kesedihan dan kemarahan di seluruh Yunani, di mana pemerintah telah mengumumkan tiga hari berkabung nasional.

Para pengunjuk rasa melemparkan batu ke kantor perusahaan kereta api di Athena pada malam hari, sebelum dibubarkan oleh tembakan gas air mata yang ditembakkan oleh polisi anti huru hara. Protes juga pecah di Thessaloniki.

Dan pada hari Kamis (2/3), kereta dihentikan pada hari pemogokan terhadap apa yang dikatakan serikat pekerja sebagai penolakan pemerintah berturut-turut untuk mendengar tuntutan berulang kali untuk meningkatkan standar keselamatan.

Menteri Transportasi, Kostas Karamanlis, mengundurkan diri pada hari Rabu (1/3), mengatakan dia bertanggung jawab atas kegagalan lama negara bagian untuk memperbaiki sistem kereta api yang dia katakan "tidak cocok untuk abad ke-21."

Kepala stasiun kereta Larissa ditangkap pada hari Rabu ketika pihak berwenang menyelidiki keadaan yang menyebabkan kereta penumpang, dalam perjalanan ke kota utara Thessaloniki, bertabrakan dengan kereta lain yang membawa kontainer pengiriman yang datang dari arah berlawanan di jalur yang sama. Dia diharapkan muncul di hadapan hakim lokal pada hari Kamis.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Rabu malam, Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, yang sebelumnya mengunjungi lokasi kecelakaan, mengatakan bahwa bukti menunjukkan kesalahan manusia.

Nikos Tsouridis, pensiunan pelatih masinis, mengatakan kesalahan manusia tidak sepenuhnya menjelaskan apa yang terjadi. “Kepala stasiun melakukan kesalahan, dia mengakuinya, tapi tentunya harus ada mekanisme keamanan untuk kembali,” katanya.

Yunani menjual operator kereta api TRAINOSE di bawah program bailout internasionalnya pada tahun 2017 ke Ferrovie dello Stato Italiane Italia, mengharapkan ratusan juta euro untuk diinvestasikan dalam infrastruktur kereta api di tahun-tahun mendatang.

Operasi Italia bertanggung jawab atas penumpang dan barang, dan OSE yang dikendalikan negara Yunani untuk infrastruktur. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home