Loading...
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:29 WIB | Selasa, 24 Mei 2016

DKI Siapkan 1500 Sapi Hidup untuk Pasokan Lebaran

Ilustrasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pasokan daging di wilayah DKI Jakarta menjelang puasa dan lebaran aman. (Foto: Dok. satuharapan.com/Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pasokan sejumlah kebutu‎han pokok aman selama puasa dan lebaran di Jakarta. Untuk daging sapi, Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Darjamuni menyiapkan sebanyak 1.500 ekor sapi hidup untuk lebaran. Jumlah ini rencananya pada tanggal 20 Juni mendatang ditambah 123 ton daging sapi.

"Untuk stok aman, kebutuhan DKI itu perhari sekitar 165 ton, kita prediksi selama puasa dan lebaran naiknya 20 sampai 30 persen," kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Selasa (24/5).

Namun untuk pengendalian harga sendiri memang agak sulit terutama menjelang lebaran. Apalagi, banyak pedagang yang memanfaatkan momen lebaran untuk mencari keuntungan.

"Untuk menekan harga kita lakukan banyak upaya seperti pasar murah dan membuka kios dipasar dengan harga dibawah Rp 100 ribu, sehingga harga dari pedagang lainnya bisa turun," kata dia.

Selain itu untuk stok beras sendiri saat ini di Cipinang sebanyak 51.000 ton dan 2.000 ton diantaranya ada di ‎Food Station Tjipinang Jaya‎. Untuk menambah stok saat ini menurutnya juga sudah bersurat ke Bulog untuk ditambah 15.000 ton beras.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menambahkan pihaknya sudah berusaha meminta tambahan daging termasuk beras dan gula. Namun, PT Perusahaan Dagang Indonesia (PPI) tidak memberikan jatah kepada Pemprov DKI untuk menjual bahan pokok tersebut.

“Ya kita kirim surat aja ke pusat. Jadi ini ada hubungan dengan pusat sebetulnya. Jadi namanya pengendalian inflasi daerah itu harus kerja sama pusat dan daerah. Kalau kaya begini ya susah kan. Kecuali kami dikasih izin Ibu Kota khusus kita boleh impor sendiri, ngatur sendiri. Nah itu yang penting,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari Senin (23/5).

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home