Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:13 WIB | Jumat, 28 Februari 2014

DKI Tambah 70 Lokasi Pembangunan Kampung Deret

Suasana pemukiman kampung deret di Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta, Jumat 23 Agustus 2013. Pemprov DKI Jakarta berencana membangun sekitar 70 perkampungan kumuh menjadi kampung deret pada 2014. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menambah sebanyak 70 lokasi pembangunan kampung deret secara tersebar di seluruh wilayah ibu kota. 

"Penambahan lokasi kampung deret ini untuk meningkatkan kepercayaan warga kepada Pemprov DKI, bahwa kami terus berupaya menyediakan hunian yang layak," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota Jakarta Pusat, Kamis (27/2). 

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, penambahan lokasi kampung deret pada tahun ini meningkat hampir tiga kali lipat dari 2013 yang hanya sebanyak 26 lokasi. 

Pemprov DKI merencanakan pembangunan kampung deret di 70 lokasi tersebut dimulai pada Juni 2014. 

"Konsepnya juga masih sama seperti kampung deret sebelumnya. Selain memperbaiki rumah-rumah yang kumuh, juga menata lingkungan pemukiman sehingga lebih rapi, tertata dan layak huni," ujar Jokowi. 

Dia menuturkan setiap rumah yang diperbaiki akan mendapatkan dana perbaikan sesuai dengan luas tanah yang ada, yakni sebesar Rp 1,5 juta setiap meter persegi. 

Namun demikian, Pemprov DKI memberikan batasan bahwa rumah yang dapat diperbaiki maksimal memiliki total luas 36 meter persegi atau sekitar Rp 54 juta. 

"Proses pembangunannya juga akan dilakukan secara bertahap, begitu juga dengan dana pembangunannya, jadi tidak langsung dikeluarkan semua," kata gubernur. 

Dia mengungkapkan kampung deret akan dibangun di lima wilayah ibu kota dengan 15 lokasi di masing-masing wilayah. Selain itu, terdapat enam lokasi di Kepulauan Seribu yang juga akan dibangun. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home