Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 02:43 WIB | Senin, 27 Desember 2021

Domain Paling Bagus untuk Bisnis Online

Booth DomaiNesia. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketika membangun bisnis online melalui situs website, tentu saja penggunaan nama domain harus tepat karena sebagai alamat toko milikmu nanti. Tak hanya itu saja, domain juga dapat membantu kamu meraih lebih banyak keuntungan. Lalu, apa domain yang paling bagus untuk bisnis online?

Pentingnya domain untuk bisnis online 

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini seluruh kegiatan bisnis memang sudah dilakukan secara digital atau online. Agar tidak tertinggal zaman, tentu kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai penggunaan teknologi di dunia bisnis. 

Apalagi semenjak pandemi, banyak orang sudah mulai membiasakan untuk berbelanja online dan mengurangi berkunjung ke toko offline. 

Semakin banyaknya orang yang memiliki gadget atau smartphone, membuat mereka bisa berbelanja online dimana pun dan kapan pun. 

Oleh karena itu, bisnismu juga harus mulai merambah ke online dan menggunakan domain di website. Tujuannya agar orang lebih mudah mengingat dan saat ingin membelinya bisa langsung mengunjungi website toko online milikmu. 

Selain itu, dengan memiliki website dan domain yang bagus, bisnis online akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Sehingga bisa membuat calon pelanggan yakin dengan bisnismu. 

Domain yang paling bagus untuk bisnis online

Domain sendiri pada dasarnya memiliki beberapa jenis yang harus disesuaikan dengan tujuan bisnis online milikmu. 

Umumnya, alamat website dengan akhiran domain seperti .com, .co.id, dan .net memang lebih banyak digunakan. Kamu pun juga bisa dapatkan domain check .com murah hanya di DomaiNesia. 

Dan berikut ini beberapa domain yang cocok untuk bisnis online: 

1. Domain .com 

Salah satu domain paling populer hingga saat ini yaitu .com di mana banyak orang menggunakannya untuk macam-macam jenis website termasuk toko online. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa domain .com memang kependekan dari kata commercial yang berarti ditujukan untuk kebutuhan website komersial.

2. Domain .co.id

Selanjutnya ada domain .co.id yang juga sering digunakan untuk membuat website toko online. Domain .co.id saat ini sudah cukup banyak digunakan oleh startup karena harga sewanya yang relatif lebih terjangkau. Seperti percetakanku.co.id

3. Ekstensi Domain .ID

Kemudian pilihan lain domain yang bisa digunakan untuk kebutuhan website toko online adalah domain .id.

Meskipun digunakan untuk menunjukkan identitas negara Indonesia, namun domain .id ini juga mampu menargetkan trafik dari Indonesia atau wilayah Asia. 

Dengan penggunaan domain .id ini kamu akan mendapatkan prioritas utama di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Khususnya kata kunci yang berasal dari pengunjung di negara Indonesia.

4. Domain .store

Domain .store memang belum terlalu familiar di kalangan masyarakat. Namun, semakin meningkatnya tren website e-commerce di seluruh dunia penggunaan domain .store banyak digunakan. 

Domain .store memang paling cocok digunakan untuk membuat sebuah toko online. Store yang berarti toko akan membuat toko online milikmu lebih mudah diingat. Dengan nama domain yang mudah diingat, tentu akan berdampak baik pada brand toko online.

Dan juga domain .store ini cukup mudah serta murah untuk didapatkan. Apabila dibandingkan dengan harga pendaftaran .com, domain .store jauh lebih terjangkau dari segi harga. Bahkan, kamu bisa mendapatkannya dengan kisaran harga setengahnya. Domain .store juga bisa menjadi alternatif paling baik jika .com sudah banyak sekali didaftarkan.

5. Domain .shop

Selanjutnya ada domain .shop di mana kamu bisa gunakan untuk membangun website toko online yang profesional.

Domain .shop ini sendiri merupakan ekstensi singkat dan mudah diingat untuk situs website apapun yang berkaitan dengan bisnis jual beli seperti toko online. 

Setiap perusahaan yang memiliki nama yang diakhiri dengan store juga dapat memanfaatkan URL yang lebih pendek dan mudah diingat.

Jadi, tak hanya jenis layanan hostingnya saja tetapi pemilihan nama domain pun akan berpengaruh pada kualitas website toko online milikmu. 

6. Domain .boutique 

Apabila kamu menjual barang dagangan khusus, domain .boutique adalah pilihan yang bagus. Akhiran domain adalah cara mudah untuk memberikan kesan eksklusif pada situs website, dan dapat membantu menarik pengunjung situs web yang tepat.

Jadi, dalam pemilihan nama domain ini kamu juga harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan toko online. Bagus atau tidaknya sebuah nama domain untuk toko online apabila sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan target pengunjungnya. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home