Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 15:06 WIB | Senin, 21 November 2016

DPR Minta Pemerintah Hentikan Pembantaian Etnis Rohingya

Puluhan pencari suaka etnis Rohingya Myanmar, dan Bangladesh berdoa sebelum menyantap makanan di lokasi penampungan sementara, Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara, Minggu (17/5) malam. Makanan yang diberikan kepada 96 imigran Rohingya dan Bangladesh, merupakan bantuan dari pemerintah setempat dan sumbangan dari warga sekitar di kawasan tersebut. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah diplomasi aktif guna menghentikan pembantaian etnis Rohingya di Myanmar.

Menurut Karding kekerasan HAM yang dialami etnis Rohingya bertentangan dengan prinsip Pembukaan UUD 1945 yang menekankan nilai kemanusian.

“Saya berharap pemerintah Indonesia tidak tinggal diam dengan kekerasan HAM yang dialami etnis Rohingya,” kata Kadir saat dihubungi wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Senin (21/11).

Sekretaris Jendral DPP PKB ini mengatakan Indonesia merupakan negara besar yang berpengaruh di kawasan Asia Tenggara. Indonesia, kata Karding, bisa melibatkan ASEAN dalam upaya penyelesaiaan kekerasan terhadap etnis Rohingya.

“Indonesia sebagai negara yang mampu merawat keragaman antar etnis dan agama, seharusnya mampu dan berperan aktif mempromosikan perdamaian di kawasan ASEAN, khususnya di Myanmar,” katanya.

Karding juga mendesak dunia international dalam hal ini PBB untuk mengambil peran signifikan dalam membela etnis Rohingya. Betapa pun, kata Karding, kekerasan terhadap etnis Rohingya bisa menimbulkan gejolak stabilitas keamanan di ASEAN. Hal ini karena kekerasan tersebut kerap dikaitkan dengan sentimen etnis dan agama.

Karding meminta masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, tetap bersikap tenang dan proporsional dalam menyikapi pemberitaan kekerasan terhadap etnis Rohingya. Saat ini menurutnya jalan terbaik yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan mendoakan dan memberikan bantuan kemanusiaan bagi mereka yang menjadi korban.

“Tunjukkan rasa simpati kita terhadap mereka dengan cara beradab dan manusiawi,” katanya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home