Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 18:07 WIB | Sabtu, 08 Februari 2014

Dukungan Bantuan Masih Dibutuhkan Namibia

Ndapanda Menette Shandingi menunjukkan kartu bantuan tunai. (Foto: lutheranworld.org)

NAMIBIA, SATUHARAPAN.COM – Hujan sudah mengguyur di Namibia, tetapi dukungan masih diperlukan bagi rakyat Namibia yang menderita akibat bencana kekeringan. Gereja Lutheran mencari bantuan tambahan untuk para rumah tangga yang rentan.

Pemandangan hijau mulai tampak lagi di banyak bagian Namibia, berkat hujan deras setelah kekeringan berkepanjangan. Beberapa petani telah mulai menanam ladang mereka. Tapi, bagi ribuan masyarakat pedesaan yang kehilangan mata pencaharian akibat bencana, dukungan bantuan masih dibutuhkan karena kebanyakan orang telah kehabisan stok pangan dan harga pasar yang tinggi untuk makanan. Dan, dukungan bagi pertanian terus diperlukan, termasuk benih.

Federasi Lutheran Dunia (The Lutheran World Federation — LWF) dan gereja-gereja anggota di Namibia mengundang relasi mereka supaya memberi dukungan tambahan untuk memperpanjang inisiatif respons atas kekeringan. Yaitu, dengan memberi hibah uang tunai untuk membeli makanan dan kebutuhan dasar lainnya bagi rumah tangga rentan. Program bantuan tunai (cash transfer program — CTP), yang berjalan dari September 2013 sampai Februari 2014 telah membantu hampir 6.000 orang. Ini untuk menutupi kesenjangan dalam pendapatan rumah tangga dan memberdayakan keluarga-keluarga untuk memprioritaskan kebutuhan mereka sendiri selama salah satu bencana terburuk dalam sejarah negara itu.

Melalui CTP yang dikoordinasi oleh LWF dan United Church Council of Namibia Evangelical Lutheran Gereja (UCC/NELC), keluarga rentan di daerah pedesaan terpencil menerima hibah tunai bulanan dari 100 dolar Namibia (sekitar Rp 120.000) per kepala.

Dalam tindak lanjut merespons bencana kekeringan, gereja-gereja global dalam jaringan ACT Alliance, LWF, dan UCC sedang mencari tambahan USD 235.429 (Rp 2,8 miliar) untuk memperluas dukungan darurat sampai akhir Mei 2014. Hal ini akan memungkinkan keluarga yang masih dipengaruhi defisit pangan untuk mengatasi selama masa transisi kritis sebelum panen berikutnya.

Ketika Namibia mengumumkan keadaan darurat nasional pada Mei 2013, pemerintah mengatakan kekeringan telah berpengaruh pada pemilik ternak dan petani, dan hampir 40 persen dari 2,1 juta orang di negara itu membutuhkan bantuan darurat.

Apresiasi untuk Cash Pay Out

Umpan balik dari masyarakat yang berpartisipasi menunjukkan apresiasi atas metode bantuan tunai dan jangkauan terhadap bantuan tersebut. Keluarga Selma Ndeutapo kehilangan sebagian besar ternak mereka karena kekeringan. Hanya dua keledai selamat. Ibu dari seorang putra berusia empat bulan mengatakan ia berterima kasih atas bantuan tunai UCC (UCC cash pay out), yang ia digunakan untuk memberi makan anaknya. "Tidak ada gaji masuk dan sehingga jumlah bantuan bulanan ini adalah pengisi celah penting,” kata perempuan berusia 34 tahun tersebut.

Beatrice Brogadega mengatakan dia menggunakan uang itu untuk menjamin pasokan makanan yang stabil untuk seisi rumahnya, membeli pakaian musim dingin untuk anak-anaknya dan membayar biaya sekolah. “Kami berdoa gereja akan terus tetap bersama kami,” kata dia.

Seorang pensiunan, 87 tahun Ndapanda Menette Shandingi, katanya, awalnya saat menerima berita tentang inisiatif bantuan tersebut ia skeptis. Hari ini, dia sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan melalui gereja-gereja. Ketika dia pertama kali mendengar tentang hibah tunai pada gereja lokal, Shandingi mengira “itu hanya strategi untuk mendulang suara dalam pemilu atau tipuan agar masyarakat mau menjual kambing mereka.” Tapi, ketika ia melihat logo gereja pada mobil tim penilai yang mengunjungi masyarakat, dia maju ke depan dan terdaftar, dan telah menerima uang tunai untuk dirinya dan lima orang lain yang selama ini menjadi tanggung jawab dia.

Intervensi tunai terutama menargetkan masyarakat yang terkena dampak paling parah di wilayah Hardap, Namibia selatan, dan di Kunene, Omusati dan Okavango wilayah di utara, tempat Gereja Evangelical Lutheran di Namibia (ELCRN) dan Gereja Lutheran Injili di Namibia (Elcin) hadir. Sejauh ini, lebih dari 500 orang telah juga mendapat dukungan psikososial, dan pelatihan dilakukan untuk kesiapsiagaan bencana dan advokasi dalam kemitraan yang juga mencakup Gereja Lutheran Injili berbahasa Jerman di Namibia.

“Beberapa orang menyebutkan bahwa mereka menghargai bahwa proyek tidak hanya menguntungkan warga ‘Lutheran’, tapi termasuk semua segmen masyarakat,” kata Michael Hyden, koordinator kemanusiaan di Departemen LWF untuk World Service (DWS), setelah kunjungan terakhir ke masyarakat yang terkena dampak.

Pemulihan Lambat

Tingkat pemulihan atas bencana kekeringan berlangsung lambat. Dan, sampai panen berikutnya, diperkirakan masih ada 778.500 orang yang rentan berada pada risiko kerawanan pangan. Data ini dari direktorat  bencana dan manajemen risiko pemerintah Namibia. Sebagian besar keluarga telah menghabiskan panen mereka pada 2012 dan sekarang mereka tergantung pada pasar dan makanan bantuan kekeringan yang diberikan oleh negara dan mitra lainnya.

Peningkatan Kolaborasi

Inisiatif gereja-gereja Lutheran melibatkan kolaborasi pertama kali antara UCC dan layanan pos dan perbankan Namibia Nampost, yang menyediakan kartu debit individu untuk transfer tunai.

Hub Darurat DWS Afrika Selatan mendukung gereja-gereja melalui pelatihan kesiapsiagaan darurat dan intervensi kemanusiaan untuk para pendeta lokal. Kurikulum Pengembangan kapasitas adalah upaya bersama antara DWS dan Departemen LWF untuk Misi dan Pembangunan, dengan dukungan dari Finlandia Evangelical Lutheran Mission.

Komuni Lutheran di Afrika Selatan (The Lutheran Communion in Southern Africa — LUCSA) dan Theological Institute for Advocacy in Research in Africa (TARA) memberikan saran teknis, dan mengoordinasi pengumpulan data untuk program tersebut. Kemungkinan sedang dieksplorasi untuk evaluasi eksternal yang independen tentang dampak CTP bekerja sama dengan Palang Merah Namibia yang memiliki proyek percontohan serupa di wilayah Kunene, Hyden menambahkan. (lwf-assembly2003.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home