Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 09:56 WIB | Selasa, 24 September 2013

Teolog Kristen Ditunjuk Sebagai Direktur Pemilu Namibia

Paul J. Isaak. (Foto: oikoumene.org)

WINDHOEK, SATUHARAPAN –  Seorang teolog dan profesor misiologi di Ecumenical Institute of Bossey, Dr Paul J. Isaak ditunjuk sebagai direktur penyelenggara pemilu oleh Presiden Hifikepunye Pohamba di Namibia (18/9). Isaak memulai posisi barunya di Komisi Pemilihan Namibia pada September.

Isaak menjabat sebagai profesor misiologi ekumenis pada  2007-2012 di Ecumenical Institute, Dewan Gereja Dunia (WCC), yang melekat pada Universitas Jenewa. Posisinya di institut diperbantukan oleh United Evangelical Mission, Council for World Mission dan Communauté d’Eglises en Mission (CEVAA).

Isaak telah menulis beberapa publikasi tentang isu-isu sosial-politik dan ekonomi. Kini ia adalah editor review buku dari International Review Mission,  jurnal WCC.

“Saya ingin menawarkan doa-doa saya dan harapan terbaik kepada Prof. Paul Isaak saat ia menerima tanggung jawabnya sebagai direktur penyelenggara pemilu di Namibia,” kata Sekretaris Umum WCC, Rev Dr Olav Fykse Tveit.

“Kami berharap bahwa pekerjaan Isaak akan memberikan kontribusi positif terhadap proses pemilu yang bebas dan adil di Namibia, suatu langkah penting menuju proses demokrasi negara itu,” kata Tveit.

Berbicara atas pengangkatannya, Isaak mengatakan, “Semua warga Namibia harus memilih secara bebas dan demokratis dan bahwa Komisi Pemilu Namibia wajib melakukan, mengarahkan dan mengawasi pemilihan tersebut dalam suasana yang tidak memihak, adil, kredibel dan transparan bagi semua pemangku kepentingan.”

Isaak juga bekerja di Universitas Namibia, tempat ia menjadi koordinator kursus tentang isu-isu sosial kontemporer. Ia juga mengajar filsafat Afrika dan filsafat politik Barat di universitas negeri itu. (oikumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home