Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 07:18 WIB | Selasa, 20 Januari 2015

Dukungan Paus atas Keluarga Berencana

Para pelajar sedang berlatih menari, beberapa jam sebelum keberangkatan Paus Fransiskus di Pangkalan Udara Villamor di Manila, 19 Januari 2014. Paus Fransiskus pulang ke Roma pada 19 Januari setelah melakukan kunjungan ke Asia selama sepekan yang menarik banyak umat Kristen dan menyampaikan pesan untuk mendukung rakyat miskin kepada jutaan orang. (Foto: AFP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus mendukung hak orang tua untuk menentukan jumlah anggota keluarga dengan mengatakan umat Katolik tidak usah harus 'memiliki keturunan seperti kelinci'.

Dalam perjalanan pulang dari lawatan ke Filipina, kepada wartawan Paus mengatakan Katolik sebaiknya menerapkan ‘orang tua yang bertanggung jawab'.

"Beberapa orang berpikir, maafkan saya atas ekspresi ini, bahwa untuk menjadi umat Katolik yang baik maka kita harus seperti kelinci. Tidak. Menjadi orang tua adalah bertanggung jawab. Itu jelas."

Namun, Paus menegaskan kembali ajaran Katolik yang menentang penggunaan kontrasepsi buatan.

Paus asal Argentina ini menambahkan para ahli kependudukan menyarankan tiga anak untuk satu keluarga dan banyak cara yang diterima agama untuk mengendalikan kelahiran.

Ia berpendapat, banyak gagasan keluarga berencana dan hak-hak kaum homoseksual dari dunia Barat yang semakin diterapkan di negara-negara berkembang.

"Setiap orang berhak melestarikan identitasnya tanpa harus dijajah secara ideologi," ia menambahkan.

Dalam pertemuan di Vatikan tentang keluarga beberapa waktu lalu, uskup-uskup dari Afrika mengecam lembaga amal yang menawarkan bantuan ke sebuah negara yang mengikuti gagasan mereka, seperti mengizinkan pekerja kesehatan membagikan kondom atau menarik bantuan jika perundangan yang melakukan diskriminasi atas homoseksual disahkan.

Paus Fransiskus juga merujuk pertemuan dengan seorang perempuan dan delapan anaknya, yang tujuh di antaranya lahir lewat operasi caesarean.

"Hal itu tidak bertanggung jawab. Perempuan itu mungkin mengajukan alasan dia percaya Tuhan. Namun, Tuhan memberimu cara untuk bertanggung jawab," kata Paus setelah melakukan lawatan ke Filipina.

Misa terbuka Minggu (18/1) lalu di ibu kota Manila, diperkirakan dihadiri sampai enam juta orang.  (bbc.co.uk)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home