Loading...
RELIGI
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:28 WIB | Sabtu, 17 Januari 2015

Paus Fransiskus Serukan Pemberantasan Korupsi di Filipina

Paus Fransiskus mengatakan umat Nasrani harus bersatu memberantas korupsi. (Foto: ibtimes.com)

MANILA, SATUHARAPAN.COM – Paus Fransiskus menyerukan kepada para pemimpin Filipina untuk memberantas korupsi dan mengakhiri ketidaksetaraan sosial.

Seruan itu disampaikan pada hari kedua kunjungan Paus ke Filipina, Jumat (16/1).

Dalam upacara penyambutan yang diselenggarakan di istana kepresidenan oleh Presiden Benigno Aquino, Paus meminta para pemimpin memberantas semua bentuk korupsi yang "merampas" dana yang seharusnya diberikan kepada kaum miskin. Paus juga mengajak mereka untuk berusaha bersama-sama memastikan tidak ada kaum yang tersisihkan.

"Sekarang saatnya bagi para pemimpin politik untuk menjunjung tinggi kejujuran, integritas, dan komitmen untuk kebaikan bersama," kata Paus.

Paus Fransiskus menambahkan, umat Nasrani memiliki kewajiban untuk menghapus ketidakadilan dan penindasan yang menyebabkan meningkatnya ketidaksetaraan sosial.

Namun, Presiden Aquino yang duduk di samping Paus mengatakan gereja Katolik sendiri membungkam ketika terjadi penyelewengan yang dilakukan oleh salah satu presiden pendahulunya.

Paus Fransiskus saat ini tengah melakukan kunjungan enam hari ke Asia. Sebelumnya ia mengunjungi Sri Lanka.

Acara besar yang menandai kunjungan Paus ini akan diadakan pada Minggu (18/1) saat diselenggarakannya misa di ruang terbuka yang diperkirakan akan mengundang enam juta orang. Paus juga akan mengunjungi Kota Tacloban yang baru-baru ini menjadi korban serangan badai pada Sabtu (17/1). (bbc.co.uk)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home