Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:13 WIB | Minggu, 14 April 2024

Reaksi Dunia Atas Serangan Iran terhadap Israel

Benda-benda bercahaya terlihat di langit di atas Yerusalem setelah Iran meluncurkan drone dan rudal ke arah Israel, di Yerusalem, pada 14 April 2024. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan pihaknya meluncurkan puluhan drone dan rudal ke Israel pada hari Sabtu (13/4), dalam sebuah serangan yang dapat menyebabkan eskalasi besar antara musuh bebuyutan regional tersebut.

Berikut beberapa reaksi terhadap serangan tersebut dari pernyataan resmi dan postingan di media sosial:

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu:

“Dalam beberapa tahun terakhir, dan khususnya dalam beberapa pekan terakhir, Israel telah mempersiapkan tanggapan atas serangan langsung oleh Iran. Sistem pertahanan kami dikerahkan; kami siap menghadapi skenario apa pun, baik bertahan maupun menyerang. Negara Israel kuat. IDF kuat. Masyarakatnya kuat.”

“Kami mengapresiasi sikap Amerika Serikat yang berdiri di samping Israel, serta dukungan dari Inggris, Prancis, dan banyak negara lainnya. Kami telah menetapkan prinsip yang jelas: Siapa pun yang merugikan kami, kami akan merugikan mereka. Kami akan mempertahankan diri terhadap ancaman apa pun dan akan melakukannya dengan tenang dan penuh tekad.”

Duta Besar Iran di PBB:

“... Tindakan militer Iran merupakan respons terhadap agresi rezim Zionis terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus. Masalah ini dapat dianggap selesai.”

“Namun, jika rezim Israel melakukan kesalahan lagi, tanggapan Iran akan jauh lebih parah. Ini adalah konflik antara Iran dan rezim Israel yang jahat, dan Amerika Serikat harus menjauhinya!”

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres:

“Saya sangat khawatir mengenai bahaya nyata dari eskalasi yang menghancurkan di seluruh kawasan. Saya mendesak semua pihak untuk menahan diri secara maksimal guna menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah,” kata Guterres dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara Keamanan Nasional AS, Adrienne Watson:

“Presiden Biden sudah jelas: dukungan kami terhadap keamanan Israel sangat kuat. Amerika Serikat akan mendukung rakyat Israel dan mendukung pertahanan mereka terhadap ancaman dari Iran.”

Ketua Kongres AS, Mike Johnson:

“Saat Israel menghadapi serangan kejam dari Iran, Amerika harus menunjukkan tekad penuh untuk mendukung sekutu penting kita. Dunia harus yakin: Israel tidak sendirian.”

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak:

“Saya mengutuk keras serangan sembrono rezim Iran terhadap Israel. Serangan-serangan ini berisiko mengobarkan ketegangan dan mengganggu stabilitas kawasan. Iran sekali lagi menunjukkan niatnya untuk menabur kekacauan di negaranya sendiri.”

“Inggris akan terus membela keamanan Israel dan semua mitra regional kami, termasuk Yordania dan Irak. Bersama sekutu-sekutu kami, kami segera berupaya menstabilkan situasi dan mencegah eskalasi lebih lanjut. Tidak seorang pun ingin melihat lebih banyak pertumpahan darah.”

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock:

“Iran telah menembakkan drone dan rudal ke Israel. Kami mengutuk keras serangan yang sedang berlangsung ini, yang dapat menjerumuskan seluruh kawasan ke dalam kekacauan. Iran dan proksinya harus segera menghentikan hal ini. Israel menawarkan solidaritas penuh kami saat ini.”

Duta Besar Jerman untuk Israel, Steffen Seibert:

“Solidaritas Jerman ditujukan kepada semua warga Israel malam ini yang diteror Iran dengan serangan kejam yang belum pernah terjadi sebelumnya ini: Yahudi, Arab, dan Kristen, Badui di Negev, serta Druze di Golan. Semoga mereka semua selamat.”

Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne:

“Prancis mengutuk keras serangan yang dilancarkan Iran terhadap Israel. Dengan memutuskan tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, Iran mengambil langkah baru dalam tindakan destabilisasi dan mengambil risiko peningkatan militer.”

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell:

“Uni Eropa mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel yang tidak dapat diterima. Ini adalah peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional.”

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel:

“Mengutuk keras serangan yang dilancarkan Iran terhadap Israel. Segala sesuatu harus dilakukan untuk mencegah eskalasi regional lebih lanjut. Pertumpahan darah yang lebih besar harus dihindari. Kami akan terus memantau situasi ini secara dekat dengan mitra kami.”

Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez:

“Kami mengikuti kejadian di Timur Tengah dengan keprihatinan yang mendalam. Kami menjalin kontak permanen dengan kedutaan besar kami di wilayah tersebut yang akan tetap terbuka untuk mendukung warga Spanyol di wilayah tersebut.”

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte:

“Situasi yang sangat mengkhawatirkan di Timur Tengah. Sebelumnya hari ini, Belanda dan negara-negara lain mengirimkan pesan keras dan jelas ke Iran untuk menahan diri menyerang Israel. Belanda mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel. Eskalasi lebih lanjut harus dicegah. … Kami terus memantau perkembangannya dengan cermat.”

Menteri Luar Negeri Denmark, Lars Lokke Rasmussen:

“Denmark mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel. Saya mendesak semua orang untuk menahan diri dan meredakan situasi N. Peran Iran yang mengganggu stabilitas di Timur Tengah tidak dapat diterima – begitu pula serangan ini.”

Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide:

“Saya mengutuk serangan Iran yang ilegal dan berbahaya terhadap Israel. Hal ini akan semakin memperburuk situasi yang sudah sangat bergejolak. Kita harus mencegah eskalasi kekerasan lebih lanjut di Timur Tengah. Saya menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri secara maksimal.”

Kementerian Luar Negeri Republik Ceko:

“Ceko dengan tegas mengutuk perilaku destabilisasi Iran dan proksinya yang memutuskan untuk menyerang Israel. Kami menegaskan kembali hak Israel untuk membela diri. Perilaku agresif Iran dalam jangka panjang menghalangi kawasan Timur Tengah untuk hidup damai dan aman.”

Presiden Paraguay, Santiago Pena:

“Di masa-masa sulit seperti ini, kami menyatakan dukungan penuh kami kepada rakyat Israel, dan prihatin dengan meningkatnya kekerasan di wilayah tersebut. Kami tetap berhubungan dengan kedutaan kami di wilayah tersebut untuk melayani rekan-rekan kami.”

Menteri Luar Negeri Chile, Alberto van Klaveren:

“Kami menyatakan keprihatinan kami terhadap peningkatan ketegangan yang serius di Timur Tengah dan serangan Iran terhadap Israel. Chile mengutuk penggunaan kekerasan dan membela hukum kemanusiaan internasional, yang melindungi kehidupan warga sipil dalam konflik bersenjata.”

Kementerian Luar Negeri Meksiko:

“Pemerintah Meksiko menyatakan keprihatinan mendalam atas serangan Iran terhadap wilayah Israel, dan dampaknya terhadap ribuan nyawa manusia. Meksiko mengutuk penggunaan kekerasan dalam hubungan internasional, dan menyerukan kepada semua pihak untuk menahan diri dan mencari solusi secara damai untuk menghindari konflik yang lebih umum di Timur Tengah. Meksiko juga menekankan pentingnya menghormati hukum internasional demi perdamaian dan keamanan internasional.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home