Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:23 WIB | Senin, 18 April 2016

Evakuasi Korban Gempa, Jepang Berpacu dengan Waktu

Ilustrasi: Personel kepolisian mecari korban yang terjebak di renruntuhan tembok di kota Mashiki, prefektur Kumamoto, hari Jumat (15/4) setelah gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang barat daya pulau Kyushu, Jepang. Pejabat menyerukan upaya tim penyelamat untuk mencari warga yang dikhawatirkan terperangkap di bawah reruntuhan. (Foto: AFP).

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengemukakan negaranya mengupayakan evakuasi korban gempa dalam waktu cepat. 

“Kami berpacu dengan waktu,” kata Shinzo Abe dalam  konferensi pers di Tokyo pada hari Minggu (17/4) seperti diberitakan Telegraph.

Abe mengatakan 25.000 anggota militer Jepang telah dikirim ke daerah itu untuk membantu upaya pemulihan, sementara lebih dari 5.000 petugas keselamatan berjaga-jaga di wilayah terdampak gempa.

Dalam kesempatan berbeda pengajar Geomorfologi Tektonik di Universitas Kyoto, Atsumasa Okada menyerukan warga di daerah terdampak gempa  berhati-hati gempa susulan lebih lanjut.  

“Ada kemungkinan bahwa gempa bumi akan terjadi melalui reaksi timbal balik antara kegiatan seismik di berbagai daerah", kepada surat kabar Mainishi dan dikutip ulang Telegraph.

Gempa di Kumamoto, Jepang, menurut Atsumada telah menggeser permukaan tanah di sepanjang  kota Mashiki, Jepang. Dia menambahkan gempa kecil berpotensi terjadi di pulau-pulau di sekitar Kumamoto seperti Pulau Shikoku dan Pulau Honshu. 

Gempa bumi yang melanda Jepang kali pertama berkekuatan 6,5 skala richter, dan mengguncang Pulau Kyushu pada Kamis  (14/4) malam. “Gempa terjadi pada pukul 21:26 (waktu setempat, red) Kamis (14/4) pada kedalaman 11 kilometer di dekat kota Kumamoto di Pulau Kyushu, namun tidak ada risiko tsunami,” kata Badan Meteorologi Jepang  hari Jumat (15/4).

Kerusakan terparah akibat gempa melanda kota Mashiki, yang terletak lebih kurang 15 kilometer  timur kota Kumamoto.  (telegraph.co.uk).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home