Loading...
MEDIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:14 WIB | Jumat, 26 Februari 2016

Facebook Donasikan Server untuk Riset Kecerdasan Buatan

CEO Facebook Mark Zuckerberg. (Foto: clubglobals.com)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Facebook pada hari Kamis (25/2) mengumumkan mereka mendonasikan beberapa server komputer ke sejumlah lembaga riset di Eropa, dimulai dengan Jerman, untuk mempercepat upaya riset kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pembelajaran mesin

Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg berada di Berlin untuk menerima penghargaan dari penerbit Jerman Axel Springer dan mengumumkan bahwa grup tersebut akan mendonasikan 25 server, masing-masing dengan delapan graphics processing units (GPU), atau 200 secara keseluruhan.

“Peran terbesar yang akan kita mainkan adalah berinvestasi (dalam AI) dan mendorong industri ini untuk menginvestasikannya; itu akan jadi hal yang keren, membuat orang-orang bisa mengekspresikan apa pun,” katanya di upacara penghargaannya.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk tidak membiarkan kehebohan menghalangi perkembangan besar yang dapat menyelamatkan nyawa manusia,” tambahnya.

Facebook dalam sebuah pernyataan mengatakan mereka “akan bekerja sama dengan penerima donasinya guna memastikan mereka memiliki perangkat lunak untuk memanfaatkan servernya dan mengirim para peneliti untuk berkolaborasi dengan lembaga-lembaga ini.”

Empat server pertama akan didonasikan ke sebuah laboratorium di Berlin's Technical University, tempat server tersebut akan digunakan dalam analisis gambar kanker payudara dan model molekul kimia. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home