Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:42 WIB | Rabu, 18 November 2015

Fadli Zon: Sudirman Said Ingin Terhindar dari Reshuffle

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon ( Foto : Dok Satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM -  Wakil Ketua, DPR RI, Fadli Zon menyebutkan Menteri Energi Sumber Daya Manusia (ESDM), Sudirman Said ingin terhindar dari pergantian menteri (reshuffle) sehingga memberikan informasi adanya pertemuan Ketua DPR dan petinggi Freeport.

"Dia (Sudirman Said-Red) tuh ingin mencari selamat sehingga terhindar dari reshuffle," kata dia di Gedung DPR RI, Jakarta (18/11).

Dia menjelaskan bahwa kinerja dari Sudirman selama menjadi menteri ESDM sangat buruk. Selain itu berdasarkan hasil survei, kinerjanya juga buruk.

"Kalau bisa Sudirman Said segera diganti karena kinerjanya buruk," katanya.

Dia juga mengatakan, kinerja dari Sudirman yang buruk adalah mengizinkan PT Freeport melakukan ekspor padahal menurut  UU No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batu Bara (Minerba),  ekspor langsung tidak boleh dilakukan.

"Jelas Sudirman sudah merugikan negara karena telah melanggar UU Minerba dan berharap KPK segera memeriksa," tandasnya.

Sebagai catatan, MoU antara pemerintah dan Freeport yang memperbolehkan ekspor mineral mentah meski dalam UU Minerba Indonesia melarang tambang mentah mulai 2014, ditandatangani pada Juli 2014, yaitu di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. MoU itu berlaku untuk enam bulan, namun kemudian diperpanjang lagi di masa pemerintahan Jokowi-JK. Syaratnya, Freeport harus menunjukkan progres pembangunan smelter. Namun ternyata hingga masa MoU nyaris berakhir, belum ada perkembangan pembangunan smelter. (Bob)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home