Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 06:49 WIB | Minggu, 24 September 2023

FIFA Dukung Pembangunan Training Center PSSI di Ibu Kota Nusantara

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pusat Pelatihan Nasional PSSI, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat, 22 September 2023. (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

PENAJAM PASER UTARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengapresiasi dukungan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dalam membangun Pusat Pelatihan Nasional PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pusat Pelatihan Nasional PSSI, IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Jumat, 22 September 2023.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara, sebesar tadi juga disampaikan Rp 85,6 miliar kepada PSSI,” kata Presiden.

Dengan didukung oleh pengelolaan yang baik dan sarana yang memadai, Presiden yakin bahwa pusat pelatihan tersebut dapat membahwa tim nasional (timnas) Indonesia menjadi juara di Asia Tenggara hingga dunia.

“Saya yakin, saya optimistis akan mampu membawa dan menyaksikan garuda kita, timnas kita tidak hanya juara di Asia Tenggara tetapi akan segera mendunia,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah Direktur Regional Asia Oceania FIFA, Sanjeevan C Balasingam, menyebut bahwa bantuan pendanaan yang diberikan oleh FIFA menjadi bentuk dukungan FIFA kepada anggotanya, termasuk PSSI.

“Dengan pendanaan ini, PSSI menggunakannya untuk mengembangkan pusat pelatihan nasional, dan ini merupakan cara FIFA memberikan dukungan kepada anggotanya, termasuk PSSI,” katanya.

Sanjeevan juga menyampaikan bahwa FIFA ingin menjadikan pusat pelatihan yang berada di IKN ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan menjadikan sepak bola Indonesia menjadi “Gold Standard” untuk negara lainnya.

“Indonesia akan menjadi ‘Gold Standard’ untuk sepak bola, tidak hanya di kawasan tetapi juga kami berharap di seluruh negara,” katanya.

“Ini juga merupakan langkah pertama dalam proses panjang transformasi sepak bola Indonesia dan untuk mencapai potensi penuhnya,” katanya.

Ada Delapan Lapangan

Presiden mengatakan, Pusat Pelatihan Nasional yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare tersebut akan dilengkapi dengan delapan lapangan serta fasilitas pendukung lainnya.

“Pusat pelatihan ini akan dilengkapi dengan asrama, dengan lingkungan yang tadi kita lihat di gambar sangat indah dan sangat cantik sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah, dan jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta,” kata Presiden.

“Tempat ini juga tidak hanya sebagai pusat pelatihan tetapi juga pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia dan memfasilitasi riset serta pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola,” lanjut Presiden.

Selain dukungan FIFA, pemerintah juga  mengucurkan dana sebesar Rp 95 miliar yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan. “Nanti kalau kurang ditambahi lagi,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home