Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:48 WIB | Selasa, 04 April 2023

Filipina Tunjuk Empat Pangkalan Militer Yang Akan Digunakan Amerika Serikat

Komandan Resimen Artileri Angkatan Darat Filipina, Anthony Coronel, kiri, membalas hormat dari seorang tentara AS selama latihan militer bersama yang disebut Salaknib di Laur, provinsi Nueva Ecija, Filipina utara pada Jumat, 31 Maret 2023. AS dan Filipina sepakat untuk mengadakan lebih banyak latihan tempur kecil dan besar pada tahun 2023 dan memperluas latihan militer tahunan menyusul gangguan yang disebabkan oleh penguncian virus corona selama dua tahun, menurut pejabat militer Filipina. (Foto: AP/Aaron Favila)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Filipina mengidentifikasi empat kamp militer baru, termasuk beberapa di seberang laut dari Taiwan, di mana kelompok pasukan Amerika yang bergilir akan diizinkan ditempatkan tanpa batas waktu meskipun ada keberatan kuat dari China.

Pemerintahan Presiden Ferdinand Marcos Jr. mengumumkan pada bulan Februari persetujuannya atas perluasan kehadiran militer AS di empat pangkalan militer Filipina tambahan dari lima lokasi yang ada di bawah Perjanjian Kerjasama Pertahanan yang Ditingkatkan tahun 2014 antara sekutu perjanjian lama.

Marcos mengatakan langkah itu akan meningkatkan pertahanan pesisir Filipina. Ini sejalan dengan upaya pemerintahan Biden untuk memperkuat busur aliansi militer di Indo-Pasifik untuk melawan China dengan lebih baik, termasuk dalam konfrontasi apa pun di masa depan atas Taiwan.

Situs baru yang diidentifikasi oleh kantor Marcos termasuk pangkalan angkatan laut Filipina di Santa Ana dan bandara internasional di Lal-lo, keduanya di Provinsi Cagayan di utara. Lokasi-lokasi itu telah membuat marah para pejabat China karena mereka akan memberi pasukan AS tempat persiapan yang dekat dengan China selatan dan Taiwan, pulau yang diklaim Beijing sebagai miliknya.

Dua daerah militer lainnya berada di provinsi Isabela utara dan sebuah kamp angkatan laut di pulau Balabac di Provinsi Palawan di barat.

Palawan menghadapi Laut China Selatan, jalur utama untuk perdagangan global yang diklaim Beijing hampir secara keseluruhan dan telah mengambil tindakan yang semakin agresif yang mengancam negara-negara pengklaim yang lebih kecil, termasuk Filipina.

China dan Filipina, bersama dengan Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan, telah terkunci dalam sengketa teritorial yang semakin tegang atas Laut China Selatan yang sibuk dan kaya sumber daya. Washington tidak mengklaim perairan strategis itu tetapi telah mengerahkan kapal perang dan pesawat tempur serta pesawat pengintai untuk patroli yang katanya mempromosikan kebebasan navigasi dan supremasi hukum, yang membuat marah Beijing.

“Itu adalah jalur perdagangan, di situlah jalur perdagangan senilai kurang lebih US$3 triliun. Tanggung jawab kami dalam mengamankannya secara kolektif sangat besar,” kata Carlito Galvez, hari Senhin (3/4) yang mengepalai Departemen Pertahanan Filipina.

Empat lokasi militer baru untuk pasukan Amerika “sesuai dan saling menguntungkan” dan akan “meningkatkan respons bencana negara” sebagai batu loncatan untuk pekerjaan kemanusiaan dan bantuan selama keadaan darurat, kata kantor Marcos.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa lokasi baru tersebut “akan memperkuat interoperabilitas Angkatan Bersenjata AS dan Filipina dan memungkinkan kami untuk merespons bersama secara lebih lancar guna mengatasi berbagai tantangan bersama di kawasan Indo-Pasifik.”

Namun, dalam pertemuan bulan lalu dengan para pejabat Filipina di Manila, delegasi Kementerian Luar Negeri China menyatakan penentangannya yang kuat terhadap kehadiran militer AS yang diperluas di Filipina dan memperingatkan dampak bagi perdamaian dan stabilitas regional, kata seorang pejabat Filipina yang terlibat dalam pembicaraan itu di waktu.

Diplomat Filipina menjawab bahwa keputusan untuk mengizinkan kehadiran militer Amerika yang diperluas adalah untuk kepentingan nasional Filipina dan akan meningkatkan kemampuannya untuk menanggapi bencana alam, kata pejabat itu, yang menunjukkan bahwa langkah itu tidak ditujukan ke China.

Filipina pernah menjadi tuan rumah dua pangkalan Angkatan Laut dan Angkatan Udara AS terbesar di luar daratan Amerika. Pangkalan ditutup pada awal 1990-an setelah Senat Filipina menolak perpanjangan, tetapi pasukan Amerika kemudian kembali untuk latihan tempur skala besar dengan pasukan Filipina di bawah Perjanjian Kunjungan Pasukan.

Konstitusi Filipina melarang pangkalan permanen pasukan asing dan keterlibatan mereka dalam pertempuran lokal. Perjanjian tahun 2014 mengizinkan pasukan Amerika yang berkunjung untuk tinggal tanpa batas waktu dalam kelompok bergilir di barak dan bangunan lain yang mereka bangun di dalam kamp-kamp Filipina yang ditunjuk dengan peralatan pertahanan mereka, kecuali senjata nuklir.

Departemen Pertahanan Nasional di Manila mengatakan kehadiran militer Amerika bukanlah pembangunan kembali pangkalan militer AS di Filipina, seperti yang ditegaskan oleh para penentang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home