Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:55 WIB | Selasa, 28 Februari 2023

Presiden Filipina Minta Militer Fokus Menjaga Wilayah di Laut China Selatan

Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr., kiri, berjalan di samping pasukan kehormatan selama kunjungannya di Pangkalan Udara Brigadir Jenderal Benito N. Ebuen di Kota Lapu-Lapu, Provinsi Cebu, Filipina tengah pada Senin 27 Februari 2023. Marcos Jr. mengatakan misi utama militer negaranya telah berubah untuk memastikan perlindungan wilayahnya saat perselisihan dengan China dan persaingan AS-China semakin intensif. (Foto: Kantor Komunikasi Kepresidenan Malacanang via AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Filipina mengatakan misi utama militer negaranya telah berubah untuk memastikan perlindungan wilayahnya saat perselisihan dengan China dan persaingan AS-China semakin intensif.

Presiden Ferdinand Marcos Jr. menekankan urgensi mengalihkan fokus militer ke pertahanan eksternal dalam pidatonya di depan pasukan pada hari Senin (27/2) sore. Dia berbicara dua pekan setelah memanggil duta besar China untuk memprotes penggunaan laser tingkat militer oleh penjaga pantai China yang membutakan beberapa awak kapal patroli Filipina di Laut China Selatan.

Filipina mengutuk insiden pada 6 Februari itu dalam salah satu dari lebih dari 200 protes diplomatik yang diajukan terhadap tindakan Beijing yang semakin agresif di perairan yang disengketakan sejak tahun lalu.

China menuduh Filipina menyusup ke wilayahnya dan mengatakan penjaga pantainya menggunakan laser yang tidak berbahaya untuk melacak kapal Filipina. China mengklaim Laut China Selatan hampir seluruhnya sebagai miliknya.

“Saya mengatakan bahwa misi Anda di AFP telah berubah,” kata Marcos kepada pasukan, mengacu pada Angkatan Bersenjata Filipina. “Selama bertahun-tahun, kami dapat mempertahankan perdamaian itu dan mempertahankan pengertian itu dengan semua tetangga kita. Sekarang banyak hal telah mulai berubah dan kita harus menyesuaikannya.”

Dia mengatakan bahwa batas-batas negara sedang dipertanyakan, “dan ada banyak hal yang terjadi sehingga angkatan udara memiliki misi yang sangat besar untuk sepenuhnya mengamankan Filipina.” Dia juga mengutip "intensifikasi persaingan antara negara adidaya."

Marcos tidak memberikan secara spesifik atau menyebut China dalam pidatonya di Provinsi Cebu di wilayah tengah, tetapi menggarisbawahi bahwa kebijakan luar negeri Filipina tetap berkomitmen pada perdamaian.

Meski merupakan negara yang relatif kecil, “kita tetap harus memperjuangkan hak setiap orang Filipina karena Filipina adalah negara berdaulat dan Filipina memiliki pemerintahan yang berfungsi,” katanya.

Setelah beberapa dekade memerangi pemberontakan Muslim dan komunis, militer mulai fokus untuk mempertahankan perbatasan laut negara. Ini telah meluncurkan upaya untuk memodernisasi program yang menghadapi penundaan dan kendala keuangan.

Banyak dari senjata dan peralatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan patroli udara dan laut untuk menjaga garis pantai kepulauan yang luas dan membangun pencegahan minimal.

Di bawah pakta pertahanan 2014 dengan Amerika Serikat, Marcos baru-baru ini menyetujui kehadiran militer AS yang lebih luas di Filipina dengan mengizinkan kelompok pasukan Amerika bergilir untuk tinggal di empat kamp militer Filipina lagi. Itu adalah perubahan haluan yang tajam dari pendahulunya Rodrigo Duterte, yang khawatir jejak militer Amerika dapat menyinggung Beijing.

China, Filipina, Vietnam, Malaysia, Taiwan, dan Brunei telah terkunci dalam kebuntuan sengketa teritorial yang semakin tegang di Laut China Selatan, tempat kapal Angkatan Laut AS dan jet tempur melakukan patroli untuk mempromosikan kebebasan bergerak, menantang klaim ekspansif Beijing dan meyakinkan sekutu seperti Filipina.

Sengketa semakin meningkat setelah China mengubah tujuh terumbu karang yang disengketakan menjadi pangkalan pulau yang dilindungi rudal untuk memperkuat klaimnya. Perairan yang disengketakan telah dianggap sebagai kemungkinan titik api Asia dan front yang rentan dalam persaingan AS-China di wilayah tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home