Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:52 WIB | Jumat, 21 April 2023

G-7 Pertimbangkan untuk Larangan Total Ekspor ke Rusia

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna, Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, dan Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani, tiba di Stasiun Karuizawa untuk Pertemuan Menteri Luar Negeri G7 di Karuizawa, Jepang, pada 16 April 2023. (Foto: dok.Reuters)

KARUIZAWA, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara Kelompok Tujuh (G7) sedang mempertimbangkan larangan total ekspor ke Rusia, kantor berita Kyodo melaporkan pada hari Jumat (21/4), mengutip sumber-sumber pemerintah Jepang.

Berita Bloomberg pada hari Kamis (20/4) juga melaporkan bahwa sekutu Amerika Serikat dan Ukraina sedang mempertimbangkan “larangan langsung atas sebagian besar ekspor ke Rusia”. Laporan itu mengatakan para pejabat dari negara-negara G7 sedang mendiskusikan gagasan itu sebelum pertemuan puncak di Jepang bulan depan.

Ditanya tentang laporan Bloomberg, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno, mengatakan pemerintah mengetahuinya tetapi menahan diri untuk mengomentari pertukaran di antara negara-negara G7 dan negara-negara yang berpikiran sama tentang kemungkinan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia.

“Yang penting untuk mengakhiri agresi Rusia sesegera mungkin adalah G7 tetap bersatu untuk sanksi berat terhadap Rusia dan dukungan kuat untuk Ukraina,” katanya dalam konferensi pers. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home