Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Minggu, 16 April 2023

Finlandia Mulai Bangun Pagar Kawat Berduri Sepanjang Perbatasan dengan Rusia

Lokasi pembangunan pagar penghalang perbatasan timur Finlandia-Rusia di dekat titik penyeberangan Pelkola di Imatra, Finlandia tenggara. (Foto: Roni Rekomaa/Lehtikuva via AP)

FINLANDIA, SATUHARAPAN.COM-Pembangunan pagar kawat berduri di sepanjang perbatasan panjang Finlandia dengan Rusia, terutama dimaksudkan untuk mengekang migrasi ilegal, telah dimulai di dekat kota Imatra kurang dari dua pekan setelah negara Nordik itu bergabung dengan NATO sebagai yang ke-31 anggota aliansi militer.

Penjaga Perbatasan Finlandia pada hari Jumat memamerkan bangunan bentangan pagar tiga kilometer (1,8 mil) pertama yang akan didirikan di Pelkola dekat titik persimpangan Imatra, sebuah kota tepi danau yang tenang dengan sekitar 25.000 orang.

Perbatasan Finlandia sepanjang 1.340 kilometer (832 mil) dengan Rusia adalah yang terpanjang dari semua anggota Uni Eropa.

Pembangunan pagar perbatasan merupakan inisiatif penjaga perbatasan yang disetujui oleh pemerintahan Perdana Menteri Sanna Marin di tengah dukungan politik yang luas tahun lalu. Tujuan utama pagar baja setinggi tiga meter dengan ekstensi kawat berduri di atasnya adalah untuk mencegah imigrasi ilegal dari Rusia dan memberikan waktu reaksi kepada pihak berwenang, kata pejabat perbatasan Finlandia.

Pada kurun 2015-2016, Moskow berusaha memengaruhi Finlandia dengan mengorganisir sejumlah besar pencari suaka ke titik-titik perlintasan Finlandia utara di wilayah Arktik Lapland. Pihak berwenang Rusia terlihat dengan sengaja mengantar ribuan pencari suaka, kebanyakan dari Irak, Afghanistan, dan negara-negara Timur Tengah lainnya, ke titik-titik perbatasan tersebut.

Langkah itu dipandang sebagai unjuk kekuatan oleh Moskow. Masalah ini diselesaikan ketika Presiden Finlandia, Sauli Niinistö, mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Arus migran berhenti tak lama kemudian.

Ini adalah skenario yang ingin dicegah Finlandia, negara berpenduduk 5,5 juta orang yang secara resmi menjadi anggota NATO pada 4 April, agar tidak terulang kembali.

Namun, pejabat perbatasan dengan cepat mengakui bahwa invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari tahun lalu, alasan utama dorongan cepat Finlandia untuk bergabung dengan NATO setelah beberapa dekade ketidaksejajaran militer, yang mendorong pembangunan pagar perbatasan.

“Pagar pembatas perbatasan bukanlah topik politik sebelum perang (di Ukraina). Dan sebenarnya, itu bukan semacam rencana penjaga perbatasan Finlandia,” kataBrigjen. Jenderal Jari Tolppanen, kepala divisi teknis di Penjaga Perbatasan Finlandia, mengatakan kepada The Associated Press. “Semua berubah setelah serangan (Rusia melawan Ukraina).”

Bagian percontohan dari pagar tersebut dijadwalkan akan selesai pada musim panas ini, sedangkan penghalang pada akhirnya akan diperpanjang hingga maksimum 200 kilometer (124 mil). Ini akan mencakup area, dalam potongan-potongan dengan panjang yang terpisah, terutama di tenggara Finlandia dekat titik penyeberangan perbatasan utama dengan Rusia tetapi juga akan memiliki bagian di Arktik utara di Lapland.

“Dalam situasi baru ini, kita harus memiliki kontrol perbatasan yang jauh lebih kredibel dan lebih mandiri,” kata Tolppanen. “Kita perlu memperkuat sumber daya kita. Dan pagar diperlukan untuk mengelola, misalnya, imigrasi ilegal berskala besar.”

Imatra terletak hanya tujuh kilometer (4,4 mil) dari kota industri Rusia Svetogorsk di wilayah Karelia dan berjarak beberapa jam berkendara dari kota St. Petersburg di Rusia. Kota ini memiliki sejarah panjang dalam berurusan dengan orang Rusia, turis, pelancong harian, dan penduduk tetap.

“Di sini di Imatra, kami tidak terlalu takut dengan Rusia karena perbatasan selalu ada dan tidak pernah terbuka seperti antara negara-negara Eropa,” kata Antero Lattu, wakil ketua Dewan Kota Imatra. Dia menekankan bahwa penduduk setempat tidak takut pada orang Rusia “tetapi kami senang karena pagar itu.”

Erkki Jouhki, yang bekerja sebagai perencana kota, setuju tetapi juga menekankan kemampuan militer Finlandia. Keanggotaan NATO memberi Finlandia “punggung yang kuat tetapi kami memiliki pasukan yang sangat kuat. itu (dipersenjatai) sangat baik... ini adalah tentara yang sangat modern di sini karena Rusia.”

Proyek pagar perbatasan diperkirakan menelan biaya total 380 juta euro (setara Rp 6,3 triliun) dan dijadwalkan selesai pada tahun 2026.

Perbatasan timur panjang Finlandia membentang terutama melalui hutan lebat. Di beberapa tempat, perbatasan Finlandia-Rusia hanya ditandai dengan tiang kayu dengan pagar rendah yang dimaksudkan untuk menghentikan ternak yang tersesat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home